Log in

Beternak Kecoa

Ilustrasi Ilustrasi

Bagi kebanyakan orang, kecoak dianggap sebagai hewan menjijikkan yang harus dimusnahkan. Namun justru berbeda yang dilakukan oleh pemuda dari Taiwan ini. Ia berhasil mengubah makhluk menggelikan ini menjadi sumber pendapatannya.

Dikutip dari China Press Minggu (6/8), seorang mahasiswa berusia 20 tahun bernama Dong Zhiwen atau yang dikenal dengan Tong sukses menjadi peternak kecoak. Dari hasil peternakan dan menjual kecoaknya, ia bisa menghasilkan uang sekitar Rp90 juta setiap bulannya.

Usaha Tong dimulai satu setengah tahun yang lalu ketika ia membeli kecoak untuk memberi makan hewan peliharaannya. Proses membeli kecoak terlalu merepotkan baginya, akhirnya ia berinisiatif untuk beternak kecoak sendiri.

Kecoaknya direproduksi dengan cepat dan hanya dalam waktu enam bulan, Tong bisa memiliki 30.000 sampai 40.000 kecoak. Beruntung, ia menemukan pembeli yang bersedia membeli kecoaknya.

Tse, pakar budi daya kecoak, adalah pelanggan setia Tong. Tse dan Tong berkenalan lalu bermitra untuk membuka peternakan kecoak. Awalnya Tong sempat merasa kewalahan karena ia takut terhadap kecoak. Dia bahkan mengalami mimpi buruk setiap malam selama sebulan.

Namun kini pria itu tidak perlu repot-repot mencari pekerjaan karena mengantongi uang sekitar Rp90 juta per bulan dari hewan yang dianggap paling menjijikkan di dunia.

Hingga kini sudah ada lebih dari 2,7 juta kecoak dari berbagai spesies yang ia pelihara dan Tong sendirilah yang memberi makan dan membangun tempat penampungannya. (BRN/MDK)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 23 Oct 2017 29°C 23°C
  • 24 Oct 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px