Log in

Beri Nama Terlarang untuk Anjingnya, Pria Ini Ditahan


Seorang pria ditahan karena telah memberi anjingnya nama yang terlarang. Menurut suratkabar Beijing News, seorang peternak anjing berusia awal 30-an yang bermarga Ban di provinsi Anhui timur ditahan polisi pada Senin 12 Mei 2019, setelah mengunggah di aplikasi pesan WeChat bahwa ia memiliki dua anjing baru, bernama Chengguan dan Xieguan.

Nama-nama itu mengundang kontroversi karena masing-masing merujuk pada pegawai pemerintah dan pegawai negeri. "Chengguan" adalah pejabat yang dipekerjakan di daerah perkotaan untuk menangani kejahatan tingkat rendah, dan "Xieguan" adalah pekerja masyarakat informal seperti asisten lalu lintas.

Suratkabar itu mengatakan bahwa Ban memberi nama anjing-anjing itu "untuk bersenang-senang", tetapi pihak berwenang tidak menangkap sisi lucu nama anjing Ban. Polisi Yingzhou mengatakan bahwa mereka segera melakukan penyelidikan terhadap pria itu, yang mereka katakan telah menghina terhadap personel penegak hukum".

"Sesuai Undang-Undang Republik Rakyat China tentang Keamanan Publik, dia harus menghabiskan 10 hari di pusat penahanan administratif di kota Xiangyang.” Ban mengatakan dia menyesali tindakannya, "Saya tidak tahu hukum; Saya tidak tahu ini ilegal."

Sementara beberapa orang berpandangan bahwa ia sedang "mencari masalah", penangkapannya disambut dengan sangat mengejutkan mikroblog Sina Weibo yang populer. Banyak pengguna menyuarakan keprihatinan tentang kondisi di mana Ban ditahan. "Bisakah Anda memberi tahu saya undang-undang mana yang menetapkan bahwa anjing tidak bisa disebut Chengguan?" seorang pengguna bertanya.

"Kata-kata apa lagi yang bisa membuat Anda dipenjara?" lainnya menambahkan. Beberapa pengguna telah bercanda bahwa Ban ditahan karena "dugaan subversi kekuasaan negara" atau "mengungkapkan rahasia negara", yang menyiratkan bahwa chengguan sebenarnya adalah anjing. (OKZ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px