Log in

Bayi Kembar Siam Lahir di Sibolga


Bayi kembar siam berjenis kelamin laki-laki lahir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibolga pada 22 November 2018 lalu. Bayi yang mengalami dempet perut tersebut, telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) Medan.

JS (29) menuturkan bayi kembar siam itu merupakan anak ketiga dan keempat  dari pernikahannya dengan NS (28). Tidak ada firasat dan tanda apapun saat kehamilan istrinya. Perbedaannya hanya perut istrinya yang lebih besar dari kehamilan sebelumnya.

Bahkan, selama kehamilan dukun kampunglah yang selalu memeriksa kehamilan sang istri. Tak pernah dibawa ke Puskesmas karena jarak dari tempat tinggal mereka di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) cukup jauh. Sedangkan bidan kampung jarang di tempat.

 “Memang selama kehamilan istri saya tidak pernah diperiksa ke Puskesmas atau bidan. Hanya dukun kampung saja yang memeriksa istri saya," ungkap JS kepada wartawan di Gedung Paviliun RSUPHAM, Medan, Selasa (27/11).

Diakuinya dukun kampung sempat curiga dengan kondisi kehamilan istrinya dan menyarankan istrinya untuk di-USG karena melihat perut istrinya lebih besar, tak seperti kehamilan biasanya.

"Dan ternyata benar hasil USG, istri saya hamil bayi kembar siam. Sehingga melahirkan operasi di RSUD Sibolga,” katanya.

Sempat dirawat di RSUD Sibolga selama lima hari, bayi kembar siam yang lahir dengan berat 4,7 kilogram ini akhirnya dirujuk ke RSUPHAM.

“Baru hari ini kami datang ke RS Adam Malik. Istri saya tidak ikut karena masa pemulihan sehabis operasi. Saya berharap di rumah sakit ini bayi saya bisa dipisah dan selamat. Bayi saya berobat menggunakan BPJS Kesehatan dari pemerintah,” ujar pria yang kesehariannya bekerja menderes karet.

Kasubag Humas dan Pemasaran RSUPHAM Rosario Dorothy Simanjuntak  membenarkan adanya bayi kembar siam yang dirawat di RSUPHAM.

“Bayi ini tidak lahir di sini namun di RSUD Sibolga pada tanggal 22 November 2018 lalu. Memiliki berat 4,7 kilogram dengan tinggi 45,55 cm. Jadi, usia bayi ini sudah lima hari. Secara umum (kasat mata) kondisi bayi ini bagus dan bayi ini mengalami dempet di perut. Kalau dilihat organ-organ lainya seperti mata, tangan, kaki lengkap, jenis kelamin. Kemudian menangis kuat dan geraknya juga aktif yang menandakan ciri-ciri bayi dalam kondisi baik,” jelasnya.

Saat ini, lanjut perempuan yang disapa Ocha itu, bayi kembar siam ini masih dalam pemeriksaan dokter spesialis anak. Pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut mengenai kondisi bagian organ-organ dalam bayi kembar siam tersebut.

“Sekarang bayi berada di Ruang Perinatologi dan dirawat di tempat khusus bernama infant warmer memang tempat khusus bayi kembar siam seperti ini. Kemudian terpasang selang NGT atau nasogastric tube yang berisi cairan, obat dan nutrisi untuk si bayi dan ditangani oleh dokter spesialis anak,” terangnya.

Melihat bayi kembar siam yang dempet pada bagian perut, lanjutnya, biasanya dilakukan operasi. Hanya saja menuju ke sana itu banyak proses pemeriksaan yang dilalui seperti melihat usia bayi yang masih hitungan hari.  

 “Dan banyak yang harus diperiksa seperti organ-organ dalam tubuhnya seperti apa lengkap atau tidak. Jadi saat ini masih dalam pemeriksaan dokter,” pungkas. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px