Log in

Barang Bukti Ganja Raib, Tikus Disalahkan


Tiga petugas polisi dipecat setelah mengaku barang bukti berupa setengah ton ganja hilang karena dimakan tikus yang ketagihan. Seorang anggota polisi di Pilar, Argentina diperiksa menyusul raibnya barang bukti ganja seberat 540 kilogram dari dalam gudang. Menurut laporan, barang sitaan itu disimpan di gudang selama dua tahun, tapi tiba-tiba sebagian menghilang.

Barang bukti yang jumlah keseluruhannya mencapai 6.000 kilogram itu terdaftar di gudang dua tahun lalu. Namun, setelah polisi melakukan penimbangan ulang tahun ini hanya tersisa 5.460 kg.

Tim penyidik menduga insiden itu terkait dengan mundurnya mantan Komisaris Polisi Javier Specia pada tahun 2017. Menurut The Guardian, setelah memeriksa inventaris gudang, Specia meninggalkan lokasi tersebut tanpa menandatanganinya. Perwira senior itu kemudian mengundurkan diri.

Penggantinya, Komisaris Emilio Portero, mengetahui adanya barang bukti ganja yang hilang dan melaporkannya ke departemen urusan internal. Setelah mendapat laporan dari Emilio, tim urusan internal langsung melakukan pemeriksaan menyeluruh di sekitar gudang.

Di hadapan pengadilan, Specia dengan tiga polisi lainnya memberikan keterangan yang sama. Mereka mengaku barang bukti itu hilang karena dimakan tikus. Hakim Adrian Gonzalez Charvay kemudian menghadirkan saksi dari kalangan pakar di Universitas Buenos Aires.

Menurut para saksi, tikus tidak akan mengonsumsi ganja dalam jumlah besar. Jika memang mengonsumsinya, hewan itu pasti akan ditemukan sudah mati di sekitar gudang. Setelah mendengarkan keterangan saksi, Hakim Adrian akan kembali menyidangkan para tersangka pada 4 Mei mendatang.

Untuk sementara ini, Hakim Adrian menganggap insiden tersebut sebagai sebuah kelalaian. Selain kasus hilangnya ganja, Specia juga akan menghadapi penyelidikan internal. Specia diketahui belum melaporkan kekayaannya saat mengundurkan diri dari kesatuannya pada tahun 2017. (DCI/mStar)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 82%

Wind: 11.27 km/h

  • 23 Apr 2018 30°C 23°C
  • 24 Apr 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px