Log in

61 Bayi Proklamasi Lahir di Medan


Setiap tanggal 17 Agustus menjadi hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena di tanggal tersebut diperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang tahun ini merupakan yang ke-72. Momen istimewa itu ikut pula dirasakan para orangtua yang bayinya lahir tepat pada 17 Agustus.

Bertepatan dengan itu, sedikitnya ada 61 "bayi proklamasi" lahir  di sejumlah rumah sakit ibu dan anak maupun rumah sakit umum di Kota Medan pada Kamis (17/8).

Di RSIA Stella Maris Medan, tercatat ada 31 "bayi proklamasi" yang terdiri dari 13 laki-laki dan 18 perempuan lahir. Bayi yang lahir dengan operasi caesar 12 bayi dan 19 bayi lagi lahir dengan normal.

"Kita (RSIA Stella Maris Medan) persembahkan 31 bayi penerus bangsa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 18 perempuan," kata Humas RSIA Stella Maris Medan Halinah.

Sedangkan, bayi yang lahir di RS Columbia Asia Medan dari 13 ibu hamil, ada 11 yang telah melahirkan bayinya di hari kemerdekaan, terdiri dari sembilan bayi perempuan dan dua bayi laki-laki. "Dua calon bayi lagi direncanakan lahir juga hari ini baik normal maupun operasi caesar," sebut Novel Humas RS Columbia Medan. Dari 11 bayi tersebut, 10 lahir secara caesar dan 1 lahir normal.

Novel menyebutkan salah satu berat badan bayi yang lahir normal, berjenis kelamin laki-laki dengan berat badan 3,5 kilogram, panjang 50 Cm, lahir pukul 01.05 WIB. Kemudian bayi yang lahir dengan operasi carsar berjenis kelamin perempuan, dengan berat badan 2,97 kilogram, panjang 50 Cm, lahir pukul 13.32 WIB.

Sementara, di RSIA Rosiva diperkirakan ada 15 persalinan yang akan dilakukan. "Sampai sore diperkirakan ada 15 persalinan yang akan dilakukan," jelas Bidan RSIA Rosiva, Heni.

Menurut Heni, ke-15 persalinan ini ada yang dilakukan tim medis dilakukan secara normal maupun operasi. "Ada yang normal, ada juga yang caesar. Tapi waktunya memang sudah pas," ungkap Heni.

Salah seorang ibu bayi, Sartika Siahaan (32) mengatakan, melakukan operasi caesar karena memang sudah waktunya dan berharap bayi yang lahir dalam keadaan sehat wal afiat. "Harapan lainnya bisa berguna bagi nusa dan bangsa," ungkap warga Langsa ini.

Kasubag Humas dan Hukum RSUD Dr Pirngadi Medan Edison Peranginangin menjelaskan ada dua bayi yang lahir secara caesar di rumah sakit Pemko Medan tersebut. Mereka adalah bayi pasangan Ade Wahyuni Sitompul (21) dan Jekendo (30).

Bayi ini lahir pukul 00.05 WIB dan merupakan anak kedua warga Jalan Jermal, Medan Denai tersebut. Bayi tersebut lahir dengan berat 2,5 Kg dan panjang 45 Cm. Satu lagi adalah bayi pasangan Nursakinah Lubis (31) dan Amrin Nasution (39), warga Pukat Harimau, Gang Aneka No.22 B, Lingkungan 14, Kecamatan Medan Tembung.

Seorang ayah bayi, Amrin Nasution mengatakan sejatinya sang istri ingin lahir dengan normal, namun terpaksa caesar lantaran bayi tidak juga keluar setelah dirangsang. "Sebenarnya mau normal saja, tapi lama kali, bukaannya payah. Jadinya diputuskan caesar," katanya. (YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 18 Nov 2017 30°C 22°C
  • 19 Nov 2017 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px