Logo
Print this page

Unpab Berdayakan Petani Desa Cinta Dame Samosir

Para petani Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, mengikuti pengenalan inovasi aplikasi Mobile Petani  dan Lelang (Hukaku) yang disampaikan dosen Unpab T Henny Febriana Harumy MKom dan Hanifah Mutia ZN Amrul MSi. Para petani Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, mengikuti pengenalan inovasi aplikasi Mobile Petani dan Lelang (Hukaku) yang disampaikan dosen Unpab T Henny Febriana Harumy MKom dan Hanifah Mutia ZN Amrul MSi.

Lewat Aplikasi Mobile ‘Petani’ dan ‘Hukaku’

Medan-andalas Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) memberdayakan masyarakat petani Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir,  lewat pengenalan inovasi aplikasi Mobile Petani  dan Lelang (Hukaku). Dengan aplikasi berbasis smartphone ini diharapkan produktivitas dan akses pasar pada kelompok tani di Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir makin meningkat.

“Selama enam bulan ke depan kami melakukan pengabdian pada masyarakat di Desa Cinta Dame. Kepada petani kami perkenalkan aplikasi Mobile Petani dan Hukaku yang berguna untuk meminimalisasi permasalahan yang dialami oleh petani, seperti cara untuk peningkatakan produktivitas dan pengenalan akses pasar secara online,” kata dosen Unpab T Henny Febriana Harumy MKom dan Hanifah Mutia ZN Amrul MSi, kepada andalas di Kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto Km 4,5 Sei Sikambing Medan, Rabu (5/9).

Pengabdian masyarakatat ini, kata Henny Febriana, merupakan Hibah Kemristekdikti bagi Unpab. Pengabdian selama enam bulan ini melibatkan beberapa mahasiswa dan alumni Unpab. “Diharapkan setelah diberikan pengetahuan dan pengenalan akses pasar secara online dan info pertanian dapat meningkatkan produktivitas para petani tidak bergantung lagi kepada tengkulak yang selama ini memberikan harga kurang menyejahterakan petani,” tutur Henny.

Namun, ungkap dosen Unpab ini, ada kendala yang mereka hadapi pada saat melakukan pengabdian, yaitu para petani tidak semuanya memiliki smartphone, sehingga proses pelatihan dan pendampingan dirasa kurang optimal.

“Selain itu sinyal handphone di wilayah Samosir sering mendapat gangguan, namun karena seluruh petani antusias untuk mendengarkan materi sehingga hal tersebut dapat teratasi,” tutur Henny Febriana.

Hanifah Mutia ZN Amrul menambahkan, dengan aplikasi ‘Petani’ dan ‘Hukaku’ para petani mampu menjual lebih tinggi hasil pertaniannya karena menggunakan sistem lelang. Ini karena petani bebas menjual hasil pertanian kepada pembeli yang menawarkan harga tertinggi sehingga pendapatan mereka meningkat. Petani juga dapat berkomunikasi langsung dengan calon pembeli sehingga dapat menentukan sendiri harga jual produk pertaniannya.

“Kami juga berusaha untuk merangkul para toke/tengkulak untuk mau dan bisa menggunakan aplikasi Hukaku, dengan harapan akan menjadikan toke yang mempunyai nilai saing dalam menentukan harga produk pertanian,” tambah Hanifah.

Selain itu, tutur dosen Unpab ini,  dengan adanya aplikasi lelang Hukaku dan Petani berbasis mobile petani dan tenaga ahli (pakar pertanian) dapat terkoneksi setiap saat. Sehingga petani yang mengalami kendala seperti hama yang menganggu proses produksi sulit menentukan pupuk yang terbaik dan permasalahan seputar pertanian lainnya dapat dibantu oleh tenaga ahli yang terhubung di aplikasi.

“Selanjutnya petani dapat mendokumentasikan hasil panen dengan baik dengan fitur panen yang tersedia di dalam aplikasi. Memberikan kemudahan untuk mengetahui informasi cuaca yang didapat langsung dari BMKG, memberikan kemudahan berkomunikasi dengan dokter yang terkoneksi di dalam aplikasi untuk meminimalisasi permasalahan kesehatan yang dialami petani,” tutur Hanifah Mutia. (HAM)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com