Log in

UMKM Kota Medan Diminta Terus Perluas Jaringan


Medan-andalas Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Medan diminta untuk terus memperluas jaringan, bukan hanya di dalam daerah, namun juga harus mampu hingga keluar negeri sehingga pemasaran dapat juga lebih luas.

"Jaringan itu sangat penting, karena sangat berkaitan dengan perluasan pemasaran. Melalui jaringan yang luas, pelaku UMKM diharapkan bisa bertahan dan terus berkembang ditengah ketatnya persaingan," kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Senin.

Ia mengatakan, pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang saat ini sudah berjalan, dapat memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM di Kota Medan untuk lebih memperkenalkan produknya ke pasar tunggal di Asia Tenggara.

"Tentunya untuk dapat bersaing, harus terus dilakukan usaha meningkatkan kualitas dalam produk yang dihasilkan. teruslah berinovasi dalam upaya mengembangkan bisnis yang digeluti," katanya.

Pemkot Medan melalui Dinas Koperasi dan UMKM, dewasa ini memang terus berupaya mendorong pelaku UMKM di kota itu terus berkembang, bahkan berbagai pelatihan juga diberikan dengan harapan mereka dapat terus berkembang.

Hal itu dinilai perlu dilakukan, karena masih banyak pelaku UMKM yang butuh terus mendapat pendampingan oleh pemerintah, terutama dalam peningkatan kualitas produk yang dihasilkan.

Sebelumnya pendiri Asosiasi Pengusaha Perempuan Indonesia Sumut (APPINSU) Dewi Budiarti mengatakan pihaknya konsentrasi mendorong dan mengangkat pengusaha kecil, terutama kaum marginal sehingga mampu bangkit dan bersaing.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya menjalin kerjasama dengan Persatuan Pedagang Dan Pengusaha Melayu Malaysia, dengan harapan hasil produk para pengrajin Kota Medan dapat diperkenalkan dan dipasarkan negara tersebut, khususnya di Perak.

"Kami siap menjadi jembatan antara untuk membantu memperkenalkan sekaligus memasarkan hasil produk pelaku UMKM di Sumut, khususnya Kota Medan. Untuk itu kita akan menjadi fatner bagi pelaku UMKM," katanya. (ANT)

Berita lain dari kategori ini : Danamon Peduli Raih Rekor MURI »

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 90%

Wind: 11.27 km/h

  • 26 Sep 2018 29°C 22°C
  • 27 Sep 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px