Log in

UMA dan Desa Pematang Johar Teken MoU

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan dan Kades Pematang Johar Sudarman SPd didampingi wakil rektor, Koordinator Proyek Ir Darianto MSc, para dekan dan Camat Labuhan Deli Safii Sihombing MAP, menunjukkan naskah kesepahaman kerja sama yang baru ditandatangani, Kamis (10/1). andalas/hamdani Rektor UMA Prof Dadan Ramdan dan Kades Pematang Johar Sudarman SPd didampingi wakil rektor, Koordinator Proyek Ir Darianto MSc, para dekan dan Camat Labuhan Deli Safii Sihombing MAP, menunjukkan naskah kesepahaman kerja sama yang baru ditandatangani, Kamis (10/1). andalas/hamdani

Medan-andalas Universitas Medan Area (UMA) dan Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, menandatangani nota kesepahaman kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) di bidang pengembangan pertanian, fasilitas umum, peningkatan taraf ekonomi masyarakat dan teknologi tepat guna.

Naskah MoU ditandatangani langsung Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSi, dan Kepala Desa (Kades) Pematang Johar Sudarman SPd, di Convention Hall, Kampus I UMA, Jalan Kolam Medan Estate, Kamis (10/1).

Penandatanganan MoU disaksikan Wakil Rektor UMA Bidang Kerja Sama Dr Ir Zulheri Noer MP, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Muazzul SH MHum, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) UMA Prof Dr Ir Rafiqi Tantawi MS, Koordinator Proyek Ir Darianto MSc, para dekan dan kepala biro di UMA, Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawaty MP, Camat Labuhan Deli Safii Sihombing MAP, perangkat desa Pematang Johar, serta ibu-ibu pengurus PKK Pematang Johar.

Koordinator Proyek Ir Darianto MSc melaporkan, pada bidang pertanian kerja sama yang dilakukan adalah melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam proses penanaman bawang, pisang dan jenis tanam-tanaman lainnya.

Untuk fasilitas umum, UMA merancang perencanaan perbaikan sarana-sarana umum yang dapat digunakan seperti perbaikan jalan, irigasi, rumah ibadah, sumber energi listrik dan fasilitas umum lainnya.

“Pada peningkatan ekonomi masyarakat, UMA membantu merencanakan pengembangan kewirausahaan terhadap keterampilan yang ada di Desa Pematang Johor dan hasil produksi pascapanen hasil pertanian,” tutur Darianto yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaa Fakultas Teknik UMA.

Sedangkan pada teknologi tepat guna, tambah Darianto, UMA mendorong pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan produktivitas hasil panen yang merupakan peralihan dari proses konvensional menjadi semi otomatis dan mekanis.

“Dalam kerja sama ini, kami melibatkan empat fakultas di UMA, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi dan Fakultas Hukum,” kata Darianto.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa (Kades) Pematang Johar Sudarman dalam paparannya mengatakan, desa yang dipimpinnya dengan luas sekira 2000 hektare sesungguhnya sangat potensial di bidang pertanian, home industry, pariwisata dan sumber energi. Namun potensi itu belum tergali dan termanfaatkan selama ini akibat minim sentuhan tenaga terampil dan inovasi.

“Setelah menginventarisir sejumlah persoalan, kami menyimpulkan Desa Pematang Johar perlu orang pintar. Karenanya kami sangat beruntung bisa menjalin kerja sama dengan UMA. Kami berharap, dengan MoU ini berbagai persoalan bisa dicarikan solusinya. Dan potensi yang ada dapat digali dan dikembangkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Sudarman.

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan mengapresiasi Koordinator Proyek Ir Darianto MSc yang menggagas kerja sama dengan Desa Pematang Johar. Menurutnya, akademisi sudah saatnya turun ke desa untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian pada masyarakat.

“Saya berharap, MoU ini jangan hanya di atas kertas, tapi harus dilaksanakan dengan tindakan nyata di lapangan,” harap rektor.
Rektor menyatakan, Jepang menjadi negara maju di dunia membangun keunggulan dari desa. “Saya tiga tahun kuliah di Jepang. Di sana orang kaya dan politisi itu banyak berasal dari desa karena desa-desanya maju,” kata Dadan.  (HAM)
 

 
 

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px