Log in

Tiket Pesawat Mahal, Konsumsi Avtur Menurun

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR I M Roby Hervindo saat memberi keterangan pada kegiatan Media Gathering Pertamina MOR I, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/6) malam. Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR I M Roby Hervindo saat memberi keterangan pada kegiatan Media Gathering Pertamina MOR I, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/6) malam.

Medan-andalas Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR I) M Roby Hervindo mengatakan, konsumsi avtur di bandar udara (bandara) dalam wilayah kerja PT Pertamina (Persero) MOR I mengalami penurunan sebesar 24 persen akibat dampak harga tiket pesawat domestik yang mahal.

"Sesuai catatan di MOR I penurunan penggunaan avtur terjadi di Aceh 55 persen, Sumut 19 persen, Riau 25 persen, dan Sumbar 23 persen. Untuk Kepulauan Riau (Kepri) malah konsumsi avtur mengalami kenaikan sebesar 1 persen," kata Roby pada kegiatan Media Gathering Pertamina MOR I, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/6) malam.

Menurutnya, penurunan pendistribusian avtur terjadi saat Ramadan hingga pasca-Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. "Penurunan distribusi avtur ya, karena harga tiket pesawat saat ini. Jika dibanding periode sama pada tahun 2018 lalu sekitar 20-24 persen," sebut Roby.

"Harga tiket pesawat yang mahal itu, meski pada musim arus mudik Lebaran membuat penurunan jumlah penerbangan hingga terjadi pembatalan penerbangan. Hal ini, menjadikan masyarakat mengalihkan perjalanan mudiknya dari udara ke laut dan darat," ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk penggunaan bahan bakar minyak (BBM) pada periode sama di tahun 2019 malah mengalami kenaikan di 5 daerah tersebut dengan rata-rata 100 persen dibanding hari biasa atau periode sama di tahun 2018. "Meski mengalami kenaikan konsumsi BBM. Namun, kita melaksanakan pendistribusian dan pelayanan dengan baik kepada masyarakat," tandas Roby. (SIONG)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px