Logo
Print this page

Soal Pengadaaan Barang dan Jasa, KPPU Medan Koordinasi dengan Sekdaprovsu

Sekdaprovsu Dr Ir Hj R Sabrina MSi saat meberima audiensi Kepala KPPU KPD Medan Ramli Simanjuntak, Senin (3/9). Sekdaprovsu Dr Ir Hj R Sabrina MSi saat meberima audiensi Kepala KPPU KPD Medan Ramli Simanjuntak, Senin (3/9).

Medan-andalas Kepala Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan, Ramli Simanjuntak, melakukan koordinasi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi. Koordinasi dilakukan, sesuai tugas dan wewenang KPPU yaitu penegakan hukum dan saran kebijakan. "KPPU KPD Medan sudah berkoordinasi dengan baik dengan Pemprovsu,"kata Ramli di Medan, Senin (3/9).

Dalam bidang penegakan hukum, sebut dia,  perlu perhatian, khususnya dalam pengadaaan barang dan jasa karena kasus di Provinsi Sumut lebih banyak mengenai persekongkolan tender, sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dalam menciptakan persaingan usaha yang sehat.

Dalam bidang saran pertimbangan, imbuh dia, KPPU juga telah melakukan koordinasi dengan baik, khususnya dalam pembuatan Perda ataupun regulasi di lingkungan Pemprovsu.

"KPPU  berperan aktif  dan dilibatkan dalam pemberian saran pertimbangan kepada pemerintah baik di daerah maupun pusat. Selanjutnya, ke depan yang diutamakan adalah upaya pencegahan," sebutnya.

Sekdaprovsu Hj Sabrina menyatakan, Pemprovsu mengapresiasi peran KPPU Medan dalam mewujudkan iklim usaha yang sehat di daerah ini. Iklim usaha yang sehat menjadi salah satu indikator keberhasilan suatu daerah.

Menurut Sabrina, iklim investasi yang sehat menjadi salah satu perhatian Pemprovsu saat ini. Karena itu, adanya koordinasi dengan KPPU Medan sangat diharapkan. "Dan pencegahan merupakan salah satu upaya yang dilakukan. Karena, lebih baik mencegah daripada nantinya kita mengurus berkas sengketa, selain itu agar tercipta iklim persaingan usaha yang sehat di Sumut," ujarnya

Daerah yang sukses, menurut Sabria, adalah daerah yang tidak ada perkara sengketa usahanya. "Semakin tidak ada perkara, semakin sukses dan berprestasi. Sukes itu mencegah masalah, itulah indikator kesuksesan suatu daerah," ujarnya.

Sekda juga menyambut baik peran aktif KPPU yang berencana melakukan sosialisasi melibatkan ULP, LPSE, Pokja, dan unit terkait pada Pemrovsu.

Sekda menyampaikan agar KPPU melakukan kunjungan berkala yaitu tiga bulan sekali dalam rangka melakukan koordinasi dan sinergi dengan harapan mengutamakan pencegahan dan melibatkan KPPU dalam kegiatan.

"Kita akan membantu menjembatani KPPU dan seluruh unit kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Tindak lanjut pertemuan ini, akan diadakan sosialisasi pengadaan barang dan jasa kepada seluruh jajaran Pemprovsu," sebutnya. (Siong)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com