Log in

PT KIM (Persero) Siap Memperoleh Sertifikasi SMAP

 Direktur Pengembangan PT KIM Prof Ilmi Abdullah didampingi diabadikan bersama dua manajernya.(andalas/desrin) Direktur Pengembangan PT KIM Prof Ilmi Abdullah didampingi diabadikan bersama dua manajernya.(andalas/desrin)

Medan-andalas PT Kawasan Industri Medan (KIM) siap memeroleh proses Sertifikasi SNI ISO 37001:2016, tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) untuk seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka mengembangkan kredibilitas perusahaan dalam mengelola kegiatan usahanya secara transparan, profesional dan akuntabel.

Sesuai Peraturan Presiden No 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) dan merujuk pada surat Kementerian BUMN No S-17/S.MBU/02/2020 tanggal 17 Februari 2020, mewajibkan seluruh BUMN untuk melakukan sertifikasi ISO 37001:2016 SMAP dan memperoleh sertifikat sebelum tanggal 17 Agustus 2020.

Sebagai implementasi, PT KIM (Persero) telah menerapkan Sistem Manajemen Anti Suap ISO 37001:2016 sebagai bentuk komitmen untuk menjaga integritas perusahaan yang bebas dari penyuapan atau gratifikasi.

Guna memeroleh kebijakan Presiden RI Joko Widodo dan Kementerian BUMN dalam penerapan SMAP untuk seluruh BUMN, Direktur PT KIM Pengembangan Prof Dr Ilmi Abdullah, Senior Vice President (SVP) Sekretrais Perusahaan PT KIM Baringin Simanjuntak, SVP Humas Corporate Secretary Endang Budiwati, Asisten Manager Corporaty Secretary Devi Windari, Kamis (30/7) di Wisma PT KIM menyatakan, PT KIM sebagai perusahaan BUMN siap memeroleh dalam membangun dan menerapkan SMAP sesuai dengan kapabilitasnya.

Dalam hal ini, selain melaksanakan pelatihan terkait pembangunan dan penerapan SNI ISO 37001:2016 ,PT KIM juga mampu untuk melakukan sertifikasi SMAP.
Ilmi mengungkapkan, implementasi SMAP merupakan suatu bentuk komitmen dari perusahaan dalam mengelola proses bisnisnya secara transparan sehingga dapat lebih meningkatkan kepercayaan stakeholder dari perusahaan maupun mitra industri.

Ilmi Abdullah menuturkan, proses sertifikasi SNI ISO37001: 2016 ini membutuhkan waktu yang tak singkat dan harus memuat tindakan yang dirancang untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko penyuapan.

“Proses ini diawali dengan perusahaan ataupun organisasi membangun perencanaan sistem manajemen yang selaras dengan adanya dukungan operasional, kemudian dilaksanakan evaluasi kinerja dan monitoring dari jalannya sistem sehingga mampu memberikan peningkatan,” ujarnya.

Dalam hal tersebut peran pimpinan merupakan salah satu elemen dalam menerapkan langkah-langkah sistem manajemen dalam organisasi untuk penerapan dan kepatuhan dengan SMAP.

Terdapat elemen yang saling mendukung dalam penerapan SNI ISO 37001:2016. Di antaranya adalah konteks, prosedur dan sistem dan resiko asesmen organisasi, peran dan komitmen pimpinan, perencanaan dari kegiatan, support yang termasuk dari awareness dan training, operasional, evaluasi performa dan peningkatan perusahaan.

Melihat pentingnya penerapan SNI ISO 37001:2016 ini, Ilmi Abdullah yakin ke depannya SMAP ini merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan kepercayaan stakeholder bagi perusahaan dan menjadi kekuatan yang mengakar dari dalam perusahaan.

“Implementasi SNI ISO 37001:2016 tentunya akan membuat budaya perusahaan untuk menjadi lebih terbuka dan juga transparan dalam menjalankan proses bisnisnya, tentunya hal tersebut membutuhkan sistem manajemen yang kuat dan mendapat dukungan dari berbagai pihak,” tambah Baringin Simanjuntak.

Selain itu, Baringin Simanjuntak juga berharap, penerapan SMAP dapat dijalankan secara konsisten dan menjadi komitmen bagi para perusahaan BUMN khususnya PT KIM maupun organisasi lainnya.

“Bahwa dengan dorongan oleh Kementerian BUMN dalam penerapan SNI ISO 37001:2016 tentang SMAP ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan menjaga komitmen dalam menerapkannya, sehingga secara bertahap dapat terciptanya budaya yang transparan bagi perusahaan,” kata Baringin Simanjuntak.(DP)

Berita lain dari kategori ini : « Bongkar Muat di TPK Belawan Naik 5 Persen

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C