Log in

Program Gertam, Manfaatkan Lahan Perkarangan Tingkatkan Ekonomi Keluarga

Wakil Bupati Asahan Surya Bsc menyampaikan sambutan pada kegiatan Gertam Cabai di Kecamatan Pulo Bandring.andalas|hamdan rangkuti Wakil Bupati Asahan Surya Bsc menyampaikan sambutan pada kegiatan Gertam Cabai di Kecamatan Pulo Bandring.andalas|hamdan rangkuti

Asahan-andalas Menyikapi gejolak harga pangan yang tidak menentu terutama cabai, dan langkah yang paling rasional untuk
menanggulangi lonjakan harga tersebut adalah memanfaatkan lahan pekarangan.

“Biasakan menanam sendiri, saya yakin tidak ada lagi yang namanya harga cabai mahal,” demikian dikatakan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang melalui Wakil Bupati Surya BSc pada kegiatan Program Gerakan Tanam (Gertam) Cabai di Dusun II Desa Tanah
Rakyat Kecamatan Pulo Bandring, Rabu (18/7).

Hadir di acara itu, selain Wakil Bupati Asahan, Ketua TP PKK Asahan, Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar (Elly Tjan), Ass II
Ekbang, OPD dan Camat Pulo Bandring.

Selanjutnya Wabup Surya menyampaikan bahwa komoditas cabai, merupakan komoditas utama penyumbang inflasi. Dan ini menurut Surya terlihat dari tingginya fluktuasi harga cabai “fluktuasi harga cabai bersifat musiman”.

“Dengan potensi kenaikan harga cabai umumnya terjadi pada akhir tahun dan awal tahun. Dan utamanya pada musim penghujan. Sedangkan penurunan harga cabai berpotensi terjadi pada pertengahan tahun,” ujar Wabup.

Melalui Gertam cabai ini, sebut Surya, Pemerintah mengajak masyarakat memenuhi kebutuhan cabai untuk rumah tangganya sendiri untuk mendukung program Dinas Ketahanan Pangan bersama kelompok KRPL Desa Tanah Rakyat Kecamatan Pulo Bandring secara bersama menyiapkan benih cabai dalam polybag siap tanam sebanyak 25.000 polybag cabai ditahun 2018.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Asahan Amir Husin Siregar dalam laporannya menyampaikan melalui program Gerakan Tanam (Gertam) cabai diharapkan bisa semakin menstimulus gerakan menanam di pekarangan rumah.

“Ini bukti bahwa terjadi pemberdayaan ekonomi ditingkat keluarga. Kalau gerakan lebih aktif lagi tentu luar biasa efeknya,” kata Amir Husin sembari mengatakan penyerahan bibit cabai sebanyak 20.900 polybag. (FAS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 93%

Wind: 6.44 km/h

  • 16 Aug 2018 30°C 23°C
  • 17 Aug 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px