Log in

PLN Apresiasi Proyek Becak Listrik FT UHN

Direktur Binis PLN Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto diabadikan di atas becak listrik buatan FT UHN Medan. Turut diabadikan Rektor UHN Haposan Siallagan, para wakil rektor UHN di Laboratorium FT UHN Medan. Andalas/ist Direktur Binis PLN Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto diabadikan di atas becak listrik buatan FT UHN Medan. Turut diabadikan Rektor UHN Haposan Siallagan, para wakil rektor UHN di Laboratorium FT UHN Medan. Andalas/ist

Medan-andalas PT PLN Regional Sumatera mengapresiasi Program Studi (Prodi) Teknik Elektro, Teknik, Mesin, dan Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas HKBP Nommensen (UHN) yang mampu berinovasi menghasilkan kendaraan ramah lingkungan dan hemat energi.

“PLN sangat bangga dan ikut serta mendorong becak listrik ini sebagai inovasi yang kita harapkan bisa jadi ikon Sumatera Utara,” kata Direktur Binis PT PLN Regional Sumatera Wiluyo Kusdwioharto saat mengunjungi proyek becak listrik di laboratorium FT UHN Medan, Rabu (20/3). Wiluyo juga memberikan kuliah umum di depan ratusan mahasiswa FT di Perpustakaan UHN Medan. 

Wiluyo Kusdwiharto disambut oleh Rektor UHN Medan Dr Haposan Siallagan SH MH, Wakil Rektor (WR) I Dr Richard Napitupulu ST MT, WR II Rusliaman Siahaan SE MM, WR III Dr Ir Sindak Hutauruk MSEE, WR IV Samse Pandiangan MSc PhD, Plt Dekan FT Ir Sutan Simanjuntak MEng, dan tim becak listrik UHN Medan.

Sedangkan dari PLN hadir antara lain GM Pembangkitan Regional Sumatera Bambang Ismanto, GM UIP Regional Sumatera Edi Sudirman, dan Kepala Operasi Regional Sumatera Supriyadi.

Dalam paparannya, Wiluyo Kusdwiharto juga memotivasi mahassiwa FT UHN untuk jadi generasi yang inovatif dan kreatif. “Anda harus terlibat dalam menciptakan gaya hidup yang ramah lingkungan, hemat energi, karena itu sangat dibutuhkan sekarang ini.

Teruslah berionovasi di era industri 4.0 dengan ide-ide  inovatif, dan inovasi harus jadi gaya hidup,” tegasnya dalam kuliah umnya bertajuk “Electrifying Lifestyle”.

WR I UHN Richard Naiptupulu berharap, proyek becak listrik ini bisa segera diselesaikan karena merupakan utang UHN kepada PLN.

“Ke depan, inovasi-inovasi yang sifatnya ramah lingkungan, hemat energi akan terus kita kembangkan, dan kami harapkan PLN terus memebrikan support,” peraih doktor teknik UI Jakarta ini.

Dalam kesempatan itu, Rektor UHN Medan Haposan Siallagan menyatakan bangga kepada PLN yang memberikan peluang dan kepercayaan kepada UHN untuk menyelesaikan proyet teknologi ramah lingkungan ini.

Hal senada disampaikan Plt Dekan FT UHN Sutan Simajuntak. “Kami akan segera rampungkan dan kembangkan teknologi ramah lingkungan ini,” tuturnya.

Sedangkan tim becak listrik FT UHN, Parulian Siagian ST MT, Libinako Sianturi ST MT dan Ir Yetty Riris Saragi MT memparakan spesifikasi becak listrik yang mereka kembangkan. Dikatakan, becak listrik terdiri dari beberapa komponen seperti dapur pacu, baterai, rangka, charger, dan dimensi.

“Jarak tempuhnya 60 km per jam, waktu isi baterai 5-7 jam, kapasitas baterai 2 Kwh, carger input 220 volts, rem belakang pake hydrolic disk brake, dan berat 87, 5 Kg,” tutur Parulian Siagian. (BEN/HAM)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px