Log in

Perusahaan Perlu Jaga Keberagaman Gender Lingkungan Kerja


Jakarta-andalas Wakil Ketua untuk Pemberdayaan Perempuan KADIN Indonesia Nita Yudhi mengatakan perusahaan perlu menjaga keragaman gender di lingkungan kerja karena ternyata memiliki korelasi dengan peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB).

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu, Nita mengatakan selama beberapa tahun terakhir Indonesia telah menunjukkan pembangunan PDB yang kuat, dan hal ini juga didukung oleh peningkatan partisipasi perempuan di lingkungan kerja.

Ini, menurut dia, sesuai dengan hasil riset McKinsey Global yang dipaparkan Ceritaperempuan.id yang menyebutkan bahwa bentuk kolaborasi antara sektor publik dan swasta dapat mengurangi masalah kesenjangan gender di lingkungan kerja pada 2025 dan dapat meningkatkan angka PDB di dunia sebesar 12 miliar dolar AS. (Hasil riset ini) menunjukkan potensi yang sangat besar bagi tenaga kerja perempuan di Indonesia, katanya.

Hal ini, lanjutnya, seharusnya mengingatkan semua bahwa setiap usaha dan inisiatif sungguh berarti. Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang bagi pemerintah, sektor swasta, masyarakat, serta individual untuk memanfaatkan potensi karyawan perempuan di lingkungan kerja.

Sementara itu, Presiden Direktur Telkomtelstra Erik Meijer mengatakan pihaknya justru menyadari kebutuhan untuk menciptakan dan mempertahankan keberagaman gender di lingkungan kerja dengan berkomitmen pada janji perusahaan terhadap kesetaraan yang diluncurkan pada tahun 2016.

Kami percaya bahwa dibutuhkan suatu komitmen yang signifikan dari perusahaan untuk mengembangkan berbagai regulasi juga fasilitas yang dapat membantu pencapaian kesetaraan gender secara lebih cepat. Di Telkomtelstra, kami terus berusaha untuk mendorong keberagaman dan inklusivitas melalui berbagai program, seperti waktu kerja yang fleksibel, fasilitas ruang laktasi bagi para ibu, dan penambahan cuti bagi karyawan laki-laki yang baru saja menjadi ayah, ujar dia.

Selain itu, ia mengatakan Telkomtelstra memiliki kebijakan perusahaan yang memastikan adanya kesempatan yang sama bagi karyawan perempuan untuk mengisi posisi kepemimpinan. ?Kami terus berupaya untuk mendorong keseimbangan gender dalam posisi kepemimpinan di organisasi kami. (ANT)

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 90%

Wind: 9.66 km/h

  • 12 Dec 2018 28°C 22°C
  • 13 Dec 2018 27°C 23°C

Banner 468 x 60 px