Log in

Pertemuan Trump-Jong Un Berdampak Positif ke Ekspor Indonesia


Jakarta-andalas Momen bersejarah pertemuan pemimpin dua negara, yakni Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, dinilai akan berdampak positif terhadap perekonomian negara di kawasan Asia. Indonesia diyakini juga diuntungkan dari pertemuan tersebut, khususnya dalam hal ekspor.

"Dampak positifnya bisa menjalar ke perekonomian Indonesia. Sekitar 30 persen ekspor Indonesia tertuju ke China, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang," kata Abra Talattov, peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Selasa (12/6).

Abra menjelaskan, pertemuan Trump dengan Jong Un yang sedang berlangsung di Pulau Sentosa, Singapura, dapat memicu sentimen positif dalam berbisnis di negara-negara berkembang di Asia. Terlebih, jika hasil pertemuan tersebut baik, maka ada prospek stabilitas permanen di semenanjung Korea yang berdampak positif terhadap ekspor Indonesia di kawasan Asia Timur. Lebih luas lagi, investor akan mempertimbangkan kondisi geopolitik yang berangsur stabil sebagai buah dari pertemuan tersebut.

Sehingga, Asia akan dilihat lebih menarik lagi bagi investor untuk berinvestasi, termasuk dengan Indonesia yang kini sedang mengupayakan memberi sejumlah insentif dan kemudahan untuk berinvestasi. "Pertemuan Trump-Jong Un jadi pendorong pertumbuhan sentimen positif bisnis, khususnya untuk kawasan Asia," tutur Abra. (KPC)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 82%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Jun 2018 28°C 22°C
  • 26 Jun 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px