Logo
Print this page

Pendukung Jokowi dan Pendukung Prabowo Gelar Aksi Damai di Lokasi Berdekatan


Medan-andalas Massa pendukung dua pasangan Capres-Cawapres berunjuk rasa di Medan, Jumat (22/2). Meski berbeda kubu, aksi tetap berlangsung damai. Seratusan orang mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Maruf Amin, di Jalan Brigjen Katamso, depan Istana Maimun.

Sekitar 100 meter dari lokasi itu, tepatnya di samping Masjid Raya Al Mashun, ratusan pendukung pasangan nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, juga menggelar unjuk rasa. Kedua aksi berlangsung tertib sejak awal hingga membubarkan diri.

Pendukung pasangan nomor urut 02, yang merupakan massa gabungan ormas Islam Sumatera utara memulai aksinya seusai Salat Jumat. Dalam aksi yang disebut Apel Siaga Melawan Kriminalisasi dan Kecurangan Pemilu itu, massa menggelar mimbar bebas.

Sejumlah orator ditampilkan, seperti Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Sobri Lubis, anggota DPR RI, Raden Muhammad Syafii, anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara, dan para pimpinan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI Sumatera Utara.

Dalam aksi itu, massa membacakan Ikrar Kesiapsiagaan Pemilu Damai. Peserta aksi menyatakan siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 agar terlaksana dengan langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber), serta jujur dan adil. Dalam ikrarnya, mereka juga mengingatkan agar aparat negara tidak melewati garis batas netralitas serta tidak menjadi corong kampanye.

"Kita ingin memastikan Pemilu 2019 benar-benar pesta demokrasi, untuk secara konstitusional memilih pemimpin, karena 17 April ini adalah momen rakyat Indonesia. Apakah melanjutkan kepemimpinan yang ada, meneruskan anggota legislatif yang ada, atau menukarnya dengan yang baru," kata Raden Muhammad Syafii, pimpinan aksi.

Dia berharap aparat harus bertindak netral. Tidak boleh ada tindakan intimidasi dan pengancaman terkait Pemilu 2019. Informasi seperti itu sudah banyak kepada kami. Indikasi bahwa aparat negara sudah melanggar batas netralitas. Mereka bahkan menjadi corong, untuk kepentingan-kepentingan rezim penguasa, seperti alat politik, tidak lagi seperti aparat negara yang berpihak kepada kepentingan rakyat, lanjutnya.

Selama aksi berlangsung, para orator tidak menyebut atau menyatakan dukungan kepada salah satu pasangan capres. Namun massa membawa dan menampilkan simbol-simbol yang mengarah pada pasangan nomor urut 02. Mereka mengangkat simbol dua jari dan menandatangani spanduk bergambar Prabowo-Sandi.

Sementara ratusan massa lainnya menggelar deklarasi mendukung capres nomor urut 01 di depan Istana Maimun menggelar mimbar bebas di ujung Jalan Mesjid Raya. Dalam orasinya, pimpinan aksi menyatakan mendukung pasangan Jokowi-Maruf Amin akan melanjutkan pembangunan yang telah berjalan. Mereka yakin Jokowi dapat menyejahterakan rakyat.

"Hari ini kami dari mahasiswa Sumatera Utara dari berbagai daerah dan kampus Kota Medan mendeklarasikan capres 01," kata Abdul Rajak, pimpinan aksi. Rajak menyatakan, massa datang dari berbagai daerah di Sumut dan kampus yang ada di Kota Medan, seperti UMN Al Washliyah Kota Medan, Universitas Dharmawangsa, Unimed, dan UIN Sumut.

Massa di barisan depan didominasi ibu-ibu. Mereka berulang kali meneriakkan yel-tel dukungan untuk Jokowi-Maruf. Abdul Rajak menolak aksinya disebut tandingan massa di kawasan Masjid Raya. "Ini sebagai hal yang biasa sebagai hak demokrasi," ungkapnya.

Meski unjuk rasa berlangsung tak begitu jauh, namun aksi itu berlangsung tertib. Kedua kelompok kemudian bergerak dari lokasi. Massa pendukung Jokowi-Maruf melakukan pawai menuju Bundaran Majestik, Jalan Gatot Subroto, Medan, sedangkan massa pendukung Prabowo-Sandi membubarkan diri ke rumah masing-masing. (MDK)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com