Log in

Pemprovsu Dorong DUDI Buka Akses Kerja Sama Dengan SMK

SERAHKAN HASIL KERJA-Ketua Panitia Sutrisno (kiri) menyerahkan hasil kerja para peserta Workshop Manajerial Re-enginering SMK 2017 kepada Kabid Pembinaan SMK Dra Rosmawaty Nadeak pada penutupan workshop di Hotel Grand Antares, Senin (13/11/2017). (andalas/asril tanjung) SERAHKAN HASIL KERJA-Ketua Panitia Sutrisno (kiri) menyerahkan hasil kerja para peserta Workshop Manajerial Re-enginering SMK 2017 kepada Kabid Pembinaan SMK Dra Rosmawaty Nadeak pada penutupan workshop di Hotel Grand Antares, Senin (13/11/2017). (andalas/asril tanjung)

Medan-andalas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pendidikan terus mendorong dunia usaha dan industri (DUDI) menyokong implementasi pendidikan kejuruan berbasis vokasi sebagai tindak lanjut kebijakan pemerintah pusat.

"Pemprovsu akan berupaya melakukan pendekatan secara kelembagaan untuk mendorong DUDI, membuka akses kerjasama dengan seluruh sekolah kejuruan dalam konteks praktik kerja lapangan bagi para siswa SMK di daerah ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan Provsu melalui Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdik Provsu Dra Rosmawaty Nadeak ketika menutup Workshop Manajerial dan Re-Enginering SMK Disdik Provsu 2017 di Hotel Grand Antares Medan, Senin (13/11/2017).

Dengan terbukanya kerja sama secara kelembagaan antara sekolah (SMK) dan dunia usaha serta industri dalam konteks pemberian kesempatan praktik kerja lapangan, kata Rosmawaty yang didampingi Kasi Kurikulum SMK Disdik Provsu Sagino MPd dan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sumut Amiruddin, maka akan lebih memberikan kesempatan bagi para siswa mengimplementasikan ilmu teori di sekolah dalam praktiknya.

"Dengan begitu, maka akan memberikan sejuta pengalaman secara visual bagi para siswa SMK tersebut sehingga memiliki sejumlah kekuatan untuk terjun ke dunia kerja saat menamatkan SMKnya," tambah Nadeak.

Secara filosofis, katanya, kebijakan pelaksanaan pendidikan SMK berbasis vokasi yang diharapkan Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla itu, dimaksud untuk memberikan akses yang cukup luas bagi jebolan SMK mendapatkan lapangan pekerjaan setelah bersekolah.

"Hal itu tentu harus menjadi konsentrasi upaya pemerintah di daerah sebagai pelaksana penyelenggara pendidikan SMK. Karena itulah, pemerintah terus mendorong keterbukaan dunia usaha dan industri di daerah terhadap kemungkinan praktik kerja lapangan bagi siswa SMK sesuai jurusannya masing-masing," tegas Nadeak.

Untuk itu, dia berharap melalui Workshop Manajerial dan Re-Enginering SMK kali ini dapat menjembatani kebijakan tersebut dengan kebutuhan masyarakat, DUDI dihubungkan dengan program keahlian/kompetensi keahlian yang ada di SMK.

Sebelumnya, Ketua Panitia Sutrisno dalam laporannya mengatakan, Program Manajerial dan Re-Enginering SMK adalah program kegiatan yang ditujukan untuk mendorong pembukaan program keahlian baru dan menggantikan program keahlian yang sudah jenuh pada SMK dengan program keahlian SMK yang baru seusuai dengan tuntutan masyarakat serta DUDI.

"Re-enginering SMK dimaksudjkan sebagai suatu upaya penataan program keahlian SMK, sesuai dengan kondisi dan perkembangan potensi ekonomi dan otensi wilayah. Serta tuntutan kebutuhan pasar kerja tanpa menutup institusi SMK tersebut baik negeri maupun swasta," ujar Sutrisno.

Selain itu, katanya, SMK yang dinilai memiliki menajemen, fasilitas, tenaga kependidikan serta jaringan kerjasama yang baik akan diberdayakan dan ditingkatkan peranannya menjadi sekolah yang memiliki teaching factory di sekolah.

Di bagian lain, dia juga menyebutkan Workshop Manajerial dan Re-enginering SMK yang berlangsung 3 hari Sabtu-Senin (11-13/11/2017) tersebut diikuti sebanyak 99 peserta. Terdiri dari, 33 Ketua MKKS SMK Kabupaten/Kota, 66 Kepala SMK Negeri dan Swasta atau Wakil Kepala Sekolah yang terpilih dari Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. (RIL)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px