Log in

Pemda Minta Penghentian, Susi Air Masih Mendarat di Bandara Pati Ambang

Pesawat Susi Air di Bandara Pati Ambang, Blangkejeren. Pesawat Susi Air di Bandara Pati Ambang, Blangkejeren.

Blangkejeren-andalas Pesawat perintis Susi Air kembali mendarat di Bandara Pati Ambang Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues Kamis (2/4). Padahal Bupati Gayo Lues telah menyurati pihak terkait agar menghentikan sementara penerbangan dari dan menuju Kabupaten Gayo Lues selama darurat virus corona.

Noval SP, Kepala Dinas Perhubungan Gayo Lues yang dihubungi wartawan membenarkan pesawat Susi Air masih mendarat di Bandara Pati Ambang. Katanya, usulan penghentian penerbangan masih dalam proses di Kementerian Perhubungan.

"Surat kita masih dikaji, apakah dihentikan atau tetap seperti biasa, karena penghentian penerbangan mutlak kewenangan Menteri Perhubungan. Sebelum keluar izin dari Menteri, maka penerbangan masih tetap seperti biasanya," katanya Kamis malam.

Dilanjutkan Noval, pesawat dengan rute Medan-Gayo Lues-Banda Aceh dan Banda Aceh-Gayo Lues-Medan tetap akan terbang seperti jadwal semula meskipun tidak ada penumpang. Pemda Gayo Lues sendiri tetap berharap agar dalam masa darurat virus corona, penerbangan ke Gayo Lues dihentikan dalam batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

"Semula kita berharap bisa langsung dihentikan penerbangan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Otoritas Bandara Wilayah II KNO, ternyata tidak bisa. Mereka mengatakan harus izin dari Menteri," jelasnya.

Pemda Gayo Lues sendiri kata Kadis Perhubungan sudah berkirim surat dengan Menteri Perhubungan terkait permintaan penghentian sementara penerbangan ke Gayo Lues tanggal 27 Maret 2020 kemarin. Pemda setempat masih menunggu balasan apakah bisa dihentikan atau tidak. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C