Log in

Pemda Didorong Buat Regulasi Persaingan Usaha


Medan-andalas Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendorong pemerintah daerah di Sumatera Utara (Sumut) membuat regulasi untuk mencegah terjadinya praktik monopoli maupun persaingan usaha tidak sehat.

Sebab KPPU mengidentifikasi ada kebijakan yang bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yang terjadi di daerah, salah contohnya terkait pasar modern ritel.

Hal itu dikemukakan Kepala KPPU Kanwil I Ramli Simanjuntak usai Focus Group Discussion (FGD) Rapat Koordinasi tentang Larangan Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Dalam Rangka Penyiapan Bahan Kebijakan Bidang Perdagangan di Sumatera Utara, di Grand Kanaya Hotel, Medan, Selasa (25/6).

Menurut Ramli, menjamurnya pasar modern ritel di daerah-daerah ini juga masuk dalam pengawasan KPPU. Saat ini banyak ritel yang tutup, sehingga perlu diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Padahal sektor ritel merupakan sektor kedua yang menyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia.

"Tapi yang paling utama di daerah-daerah itu perlu ada regulasi tentang ritel modern berjaring," kata Ramli kepada wartawan. Dengan adanya regulasi di daerah yang mengatur tentang persaingan usaha, tentunya akan mengatur jarak ritel dan jam buka ritel tersebut. Terutama produk UMKM yang ada di Sumut apakah sudah ada dijual di ritel tersebut.

"Misalnya di ritel modern itu ada ikan asin Sibolga, apakah ada dipasarkan di situ karena produk ini harus difasilitasi atau produk-produk UMKM lainnya. Jadi perlu regulasi kebijakan. Bagaimana agar bisa bermitra dengan UMKM daerah. Dan, itu yang saat ini kita dorong agar ada regulasinya. Sehingga perekonomian sumut itu jadi lebih baik," terang Ramli.

Selain sektor ritel, sambungnya, juga terdapat sektor lainnya yakni sektor perdagangan, perkebunan, peternakan, dan lainnya. Sektor perdagangan supaya harga-harga itu lebih baik lagi.

"Jadi perlu adanya regulasi. Misalnya di bangun di sana pasar-pasar tradisional dan ada gudang penyimpanan barang yang baik seperti gudang cabai. Bila petani cabai panen bisa disimpan sehingga bila mahal stok di gudang masih ada. Jadi ini yang diperlukan. Sebab KPPU ini bukan hanya menangani pengadaan barang dan jasa saja masih banyak sektor-sektor yang lain supaya perekonomian itu lebih baik," pungkasnya. (RED)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px