Log in

OJK KR 5 Sumut Dorong Terbentuknya Jamkrida

DIABADIKAN-Jajaran OJK Kantor Regional 5 Sumatera beserta jajaran DPRD Sumut diabadikan bersama-sama usai diskusi mempercepat pembentukan Jamkrida di Sumut. (andalas/ist) DIABADIKAN-Jajaran OJK Kantor Regional 5 Sumatera beserta jajaran DPRD Sumut diabadikan bersama-sama usai diskusi mempercepat pembentukan Jamkrida di Sumut. (andalas/ist)

Medan-andalas Dalam rangka mendorong terbentuknya Jamkrida Sumatera Utara, Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara beserta jajarannya beraudiensi ke Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara untuk mendiskusikan beberapa hal yang perlu untuk segera ditindaklanjuti dalam rangka mempercepat pembentukan Jamkrida Sumatera Utara.

Lukdir Gultom, selaku Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara menyampaikan pentingnya pembentukan Jamkrida Sumatera Utara
dalam rangka memperkuat sektor UMKM yang selama ini masih kesulitan memperoleh akses permodalan ke lembaga jasa keuangan karena terkendala masalah agunan.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara tahun 2014, setidaknya terdapat 2.533.894 UMKM di seluruh Sumatera Utara. Namun dari jumlah tersebut, porsi pembiayaan terhadap UMKM baru 31,06%, yang sebagian besar disebabkan ketiadaan atau kurangnya agunan/jaminan yang memadai.

Hal ini menjadi kendala lagi pertumbuhan UMKM yang merupakan mayoritas usaha terbesar di Indonesia yakni sebesar 99,9% dan menyediakan 97,2% lapangan pekerjaan dan menyumbang 59,1% PDB Indonesia dari tahun 2011-2015. Pembentukan Jamkrida Sumatera Utara sesungguhnya telah diinisiasi sejak tahun 2013 melalui Perda Provinsi Sumatera Utara No.10 Tahun 2013 tentang Perseroan Terbatan Penjaminan Kredit Daerah Provinsi Sumatera Utara, dan diperlukan tindak lanjut berupa pendirian PT dan penyertaan modal dari pemerintah.

“Hingga September 2017, telah terbentuk 21 Perusahaan Jamkrida di seluruh Indonesia, 18 diantaranya dimiliki oleh Pemda. Sementara 16
Provinsi lainnya termasuk Sumatera Utara diharapkan dapat segera mempercepat pembentukan Jamkrida di Provinsi masing-masing” tambahnya.

Wagirin Arman, S.Sos, selaku Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara menyambut baik adanya upaya dari pihak OJK Kantor Regional 5 Sumatera
Bagian Utara untuk mendorong segera beroperasionalnya Jamkrida Sumatera Utara sebagai wujud kehadiran Pemerintah untuk pemberdayaan dan peningkatan daya saing pelaku UMKM Sumatera Utara, khususnya dalam menghadapi semakin sengitnya persaingan dunia usaha.

“Kami dari DPRD Provinsi Sumatera Utara siap mendukung sepenuhnya upaya pembentukan Jamkrida Sumatera Utara ini dan akan segera menindaklanjutinya dengan pihak-pihak terkait” tegasnya.

Kehadiran Jamkrida Sumatera Utara merupakan cara yang efektif, guna menjembatani kebutuhan modal untuk mendukung pertumbuhanUMKM Sumatera Utara dengan akses ke Lembaga Jasa Keuangan. Dengan hadirnya Jamkrida Sumatera Utara juga sebagai pintu untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait pemberdayaan dan kemandirian dunia usaha UMKM, pertumbuhan perekonomian dan inklusivitas keuangan nasional. (SIONG)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px