Log in

Musim Hujan, Harga Ikan Asin Naik Tajam

Ikan asin yang dijemur di Kampung Kurnia Belawan tidak kunjung kering akibat musm hujan. andalas/desrin pasaribu Ikan asin yang dijemur di Kampung Kurnia Belawan tidak kunjung kering akibat musm hujan. andalas/desrin pasaribu

Belawan-andalas Akibat musim hujan belakangan ini, pengusaha ikan asin mengeluh karena prosen produksi ikan asin terambat. Akibatnya, harga ikan asin naik tajam.

Pasanya, banyak pengusaha ikan asin di Kampung Kurnia Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, tidak dapat mengeringkan ikan karena sinar matahari tidak kunjung panas. Hal ini diperparah sulitnya mencari pasokan ikan dari hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB).

Cuaca yang tidak bersahabat membuat  sejumlah pengusaha ikan asin di Kelurahan Belawan Bahari (Kampung Kurnia Belawan) kelabakan. “Biasanya setiap hari kami menjemur ikan asin untuk dikeringkan sebelum dijual ke pasar. Tapi akibat musim hujan ikan asin sulit kering,” kata salah seorang pengusaha ikan asin bernama Awaluddin, Kamis (11/10).

Menurutnya, prospek penjualan ikan asin sebenarnya cukup bagus. Namun proses produksi terganggu belakangan ini akibat musim hujan serta terbatasnya pasokan ikan dari nelayan. Ini membuat produksi ikan asin menurun drastis.

Pedagang ikan asin di Pasar Yuka, Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan.  Erikson Simanullang, Kamis (11/10) mengakui harga ikan asin melonjak naik hingga 30 persen dari harga sebelum musim hujan.

“Pedagang ikan asin eceran harus menjual Rp 60.000 per kilogram. Untuk ikan asin kualitas bagun lebih tinggi lagi harganya,” kata Erikson. (DP)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 20 Nov 2018 27°C 22°C
  • 21 Nov 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px