Log in

Menhub Minta Maskapai Lain Turunkan Harga Tiket

Menhub Budi Karya Sumadi Menhub Budi Karya Sumadi

Setelah Garuda Indonesia Groupa

Jakarta-andalas Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap penurunan harga tiket yang dilakukan Garuda Indonesia Group diikuti maskapai penerbangan lain. Menurutnya, langkah Garuda merupakan contoh baik. Apalagi, Garuda merupakan pemimpin pasar penerbangan di Indonesia.

"Harusnya diikuti oleh penerbangan lain karena Garuda adalah penerbangan utama di Indonesia. Apalagi sekarang sudah bergabung dengan mereka, Sriwijaya. Tentunya dia menjadi 'market leader' kalau ada penurunan pastinya ada penyesuaian di penerbangan yang lain," katanya, Jumat (15/2).

Budi yakin harapan tersebut terwujud. Menurutnya, Lion Air juga mempunyai niat untuk memberlakukan tarif terjangkau bagi masyarakat. Keluhan masyarakat atas tingginya harga tiket pesawat membuahkan hasil.

Pada Kamis (14/2), Garuda Indonesia Group mengumumkan memenuhi keluhan masyarakat dengan menurunkan harga tiket pesawat sebesar 20 persen. Penurunan tarif diberlakukan mulai Kamis dan berlaku untuk seluruh rute penerbangan domestik.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara mengatakan penurunan dilakukan untuk mematuhi arahan Presiden Jokowi. Sebagai informasi, sehari sebelum penurunan harga tiket dilakukan Garuda, Jokowi memang mengimbau maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Dalam imbauan yang disampaikan menteri perhubungan tersebut, Jokowi berharap harga tiket pesawat bisa diturunkan pekan ini. Seperti diketahui, tarif tiket pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air yang tertera di situs pembelian tiket online terpantau mulai turun. Kedua perusahaan memang baru saja mengumumkan penurunan harga tiket sebesar 20 persen, sejak Kamis (14/2).

Muthia Fauziah (22), salah seorang calon penumpang yang memantau pergerakan tarif tiket mengaku melihat perubahan harga tiket untuk rute Jakarta-Yogyakarta. Usai mengetahui pengumuman penurunan tarif tersebut, Mutia yang saat ini bekerja di Jakarta langsung membeli tiket ke Yogyakarta melalui aplikasi online.

"Saya dapat tiket Garuda Indonesia tujuan Jakarta-Yogyakarta untuk tanggal 1 Mei 2019 seharga Rp418 ribu," ujarnya, kemarin.  Sebelumnya, Muthia pernah mengecek tarif tiket untuk tujuan dan jadwal yang sama. Saat ini, ada perbedaan harga sekitar Rp200 ribu.

"Dulu pernah cek harganya sampai Rp600 ribu," imbuhnya. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta maskapai-maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawat mulai pekan ini. Permintaan Jokowi tak lepas dari harga tiket pesawat yang dikeluhkan meningkat tajam, bahkan disebut pengusaha berdampak pada bisnis pariwisata dan perhotelan. (ANT/CNNI)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px