Log in

Luasan Kawasan Industri Kuala Tanjung akan Bertambah


Batu Bara-andalas Luas kawasan industri Kuala Tanjung di Kabupaten Batu Bara bakal bertambah. Pemerintah Kabupaten Batu Bara bersama DPRD Batu Bara tengah membahas revisi Peraturan Daerah Kabupaten Batu Bara Nomor 10 Tahun 2013 tentang RTRW Kabupaten Batu Bara 2013-2033.

Jika revisi Perda tersebut nantinya disahkan, maka rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Batu Bara akan berubah, termasuk tata ruang Kawasan Industri Kuala Tanjung yang luas arealnya bakal bertambah.

"Iya, itu kan permintaan dari pemerintah pusat terhadap KEK [Kawasan Ekonomi Khusus] Kuala Tanjung. Memang ada penambahan 3.000 hektare," kata Bupati Batu Bara Zahir kepada wartawan di Kantor Bupati Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Kamis (11/7) malam.

Ia mengatakan, penambahan luas kawasan industri Kuala Tanjung akan menjadi daya tarik investor untuk menanamkan modal guna meningkatkan pendapatan daerah. Berdasarkan dinamika perubahan pola ruang dan struktur ruang yang diakibatkan untuk kepentingan daerah Kabupaten Batu Bara dan kebijakan rencana Kawasan Strategis Nasional, maka Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2013 perlu dilakukan peninjauan kembali untuk penyesuaian.

Dikatakannya, berdasarkan Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 6 Tahun 2017 tentang Tata Cara Peninjauan Kembali RTRW, mengatur dibolehkannya melakukan revisi/dicabut peraturan daerah rencana tata ruang wilayah setelah berlaku selama lima tahun beserta tahapan peninjauan kembali.

Menurutnya, setelah dilakukan peninjauan kembali terdapat dinamika perubahan pola ruang dan struktur ruang antara lain pemekaran kecamatan baru, sistem perkotaan, rencana terminal, integrasi kawasan hutan dari Kemenhut SK 44 Tahun 2005 menjadi SK 579 Tahun 2014, kawasan perkantoran, kawasan perkebunan, sistem pengelolaan B3 dan TPA, kawasan pertanian, kawasan perdagangan dan jasa, kawasan strategis, dan kawasan kota mandiri Kuala Tanjung.

"Dari dinamika perubahan hasil dari peninjauan kembali Perda Nomor 10 Tahun 2013, maka layak untuk direvisi/dicabut untuk menyesuaikan esisting pola ruang dan struktur ruang yang ada untuk menyesuaikan RPJMD dan RPJPD," ujarnya.

Dengan adanya usulan kota mandiri Kuala Tanjung yang menjadi kawasan penyangga pertumbuhan yang selaras dan terintegrasinya kawasan industri Kuala Tanjung yang menjadi pertumbuhan ekonomi masyarakat menjadi semakin meningkat sesuai dengan visi dan misi Bupati Batu Bara yang menjadikan masyarakat Kabupaten Batu Bara yang memiliki ekonomi mandiri.

"Dampak dari pada revisi Perda Nomor 10 Tahun 2013 bagi masyarakat diantaranya dapat menambah peningkatan ekonomi masyarakat, penataan kota yang lebih baik, pemanfaatan ruang serta ikut serta dalam kebijakan strategis nasional," imbuhnya. (PR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px