Log in

Kreatifood 2018 Dorong Startup Kuliner

Yustinus Agung selaku Ketua Perkumpulan Food Startup Indonesia (kanan) didampingi Fahmi Akmal selaku Kepala Subdirektorat Pasar Segmen Bisnis dan Pemerintahan Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Deputi Pemasaran Bekraf  (kiri) memaparkan penyelenggaraan Kreatifood 2018 di Medan, Kamis (9/8).  andalas/Siong Yustinus Agung selaku Ketua Perkumpulan Food Startup Indonesia (kanan) didampingi Fahmi Akmal selaku Kepala Subdirektorat Pasar Segmen Bisnis dan Pemerintahan Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Deputi Pemasaran Bekraf (kiri) memaparkan penyelenggaraan Kreatifood 2018 di Medan, Kamis (9/8). andalas/Siong

Medan-andalas Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menyelenggarakan Kreatifood 2018 di Medan. Kreatifood itu digelar Bekraf pada tanggal 10-12 Agustus di Atrium Manhattan Times Square  Medan guna  meningkatkan peran subsektor kuliner dalam mendongkrak perekonomian Indonesia.

"Gelaran kreatifood mendorong perusahaan rintisan (startup) kuliner untuk dapat lebih mengembangkan (scale up) usahanya dengan mendapatkan akses ke kanal distribusi dan pemasaran. Lebih jauh diharapkan kegiatan ini dapat menghubungkan pemilik startup kuliner kepada akses permodalan perbankan maupun non perbankan,"kata Yustinus Agung selaku Ketua Perkumpulan Food Startup Indonesia di Medan, Kamis (9/8).

Ia menjelaskan, Kreatifood Expo 2018 yang telah diselenggarakan di Surabaya beberpa waktu lalu telah berhasil mempertemukan antara reseller/distributor dengan para peserta Food Startup Indonesia. Lebih dari separuh peserta Kreatifood 2018 Surabaya telah berhasil memperluas pasarnya di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya.

"Sambal Baba salah satu peserta yang berasal dari Papua berhasil mendapat reseller yang tertarik untuk memasarkan produknya ke modern market di Surabaya,"sebutnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, Sambal Baba juga mendapat kesempatan investasi dari beberapa pihak yang tertarik. Subsektor kuliner telah memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif (ekraf) tahun 2016.

Fahmi Akmal selaku Kepala Subdirektorat Pasar Segmen Bisnis dan Pemerintahan Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Deputi Pemasaran Bekraf menjelaskan, berdasarkan survei khusus ekraf oleh Badan Pusat Statistik (BPS), subsektor ini menyumbang 41,4%. Pada tahun yang sama, nilai ekspor kuliner mengalami peningkatan sebesar 6,92% menjadi $1.206,5 juta yang sebelumnya $1.179,0 juta.

Beranjak dari data empiris tersebut, Bekraf akan terus mengawal peningkatan subsektor kuliner agar dapat terus menjadi subsektor penyumbang PDB ekraf dan ekonomi kreatif dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Kepesertaan Kreatifood 2018 harus melalui proses kurasi di dalam platform FoodStartup Indonesia. Karenanya peserta yang terkurasi merupakan nominasi kegiatan FoodStartup Indonesia yang dilaksanakan oleh Deputi Akses Permodalan Bekraf,"ujarnya.

Kreatifood sendiri program lanjutan dan pendukungan FoodStartup Indonesia dalam bidang pemasaran yang dilaksanakan oleh Deputi Pemasaran Bekraf.

Yang menarik dari Kreatifood 2018  keberanian untuk mengembangkan pemasaran produk di luar kota asalnya, menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta. Hal ini dimaksudkan untuk membuka kesempatan mempromosikan produknya kepada masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Dalam setiap acara Kreatifood 2018, Bekraf mengundang pelaku ekonomi kreatif (ekraf) kuliner untuk mengikuti kelas mini di setiap kota. Pengetahuan yang diharapkan dapat menambah wawasan para pelaku kreatif sub sektor kuliner ini antara lain seperti ilmu investasi, kesiapan memasarkan di luar negeri, dan bagaimana melakukan pengembangan kapasitas produksi.

Kreatifood telah diinisiasi oleh Deputi Pemasaran, Bekraf sejak akhir tahun 2016. Dengan adanya keterlibatan penuh dari pemerintah, dan bekerjasama dengan pihak swasta, diharapkan perkembangan ekonomi kreatif akan berlangsung lebih cepat. (Siong)

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 97%

Wind: 6.44 km/h

  • 13 Nov 2018 29°C 23°C
  • 14 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px