Log in

Karantina Pertanian Cegah Hama Hewan dan Tumbuhan


Medan-andalas Karantina Pertanian bersama kepolisian di Sumatera Utara bersinergi untuk mencegah masuk dan menyebarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan dari luar daerah sekaligus melindungi kelestarian sumber daya alam hayati.

Untuk memantapkan sinergitas itu, Karantina Pertanian menggelar rapat koordinasi pengawasan dan penindakan dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) di Hotel Grand Kanaya,  Medan, Senin (25/6).

Kepala Karantina Pertanian Belawan drh Suryo Irianto MM MH selaku mewakili Kepala Pusat Kepatuhan Kerja Sama dan Informasi Perkarantinaan mengatakan Karantina Pertanian harus selalu bersinergi dengan instansi terkait untuk mengoptimalkan pengawasan penegakan hukum di bidang perkarantinaan.

"Seperti kita ketahui panjang pantai timur di Sumatera mencapai 500 kilometer lebih dan hal tersebut bukan tidak mungkin banyaknya terjadi pelanggaran dan penyeludupan komoditas pertanian ilegal," kata Suryo dalam rakor yang dihadiri perwakilan dari 13 unit pelaksana teknis perkarantinaan di wilayah Pulau Sumatera.

Adapun dalam melaksanakan tugasnya petugas Karantina memiliki penyidik yang selalu harus berkoordinasi dengan pihak Direktorat Kriminal Khusus dalam hal ini Kepala Seksi Korwas PPNS.

"Diharapkan melalui rapat koordinasi ini dapat menghasilkan yang terbaik dalam pencegahan masuknya penyakit tumbuhan dan hewan di Indonesia,"  kata Suryo Irianto Mewakili Poldasu, Penyidik Madya AKBP Jadiman Sinaga dan Kompol Amri SH MH memberikan arahan kepada para peserta guna memperlancar proses penyidikan juga memberikan dasar administrasi penyidikan. (DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px