Log in

Kanwil DJP Sumut I Kenalkan Pajak Melalui Pajak Bertutur

Kanwil DJP Sumatera Utara I  menggelar kegiatan Pajak Bertutur di Universitas Sumatera Utara. Acara diisi penandatanganan MoU Tax Center Kanwil DJP Sumut I dengan pihak USU yang dilanjutkan dengan kuliah umum bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang di-relay secara langsung dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta. (andalas/siong) Kanwil DJP Sumatera Utara I menggelar kegiatan Pajak Bertutur di Universitas Sumatera Utara. Acara diisi penandatanganan MoU Tax Center Kanwil DJP Sumut I dengan pihak USU yang dilanjutkan dengan kuliah umum bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang di-relay secara langsung dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta. (andalas/siong)

Medan-andalas Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara! bersama seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) secara serentak melaksanakan kegiatan mengajarkan nilai-nilai kesadaran pajak kepada peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi, Jum'at (11/8).

Kegiatan yang dinamakan Pajak Bertutur ini dilaksanakan dengan pegawai di lingkungan Kanwil DJP Sumatera Utara I sebagai pengajar dan melibatkan Iebih dari 3.800 pelajar dan mahasiswa dari 34 sekolah dan 4 perguruan tinggi di kota Medan, Binjai, Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan Pajak Bertutur juga dilakukan oleh seluruh unit vertikal di 32 Kanwil lain. Kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 110.000 pelajar dan mahasiswa di seluruh indonesia.

Secara khusus, Kanwil DJP Sumatera Utara I juga menggelar kegiatan Pajak Bertutur di Universitas Sumatera Utara. Acara diisi penandatanganan MoU Tax Center Kanwil DJP Sumut I dengan pihak USU yang dilanjutkan dengan kuliah umum bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang di-relay secara langsung dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta.

Menteri Keuangan menjelaskan, mengenai pentingnya pajak dalam pendanaan berbagai program untuk kepentingan bersama, termasuk bagi pembiayaan pendidikan nasional, pelayanan kesehatan, pengentasan kemiskinan, dan pembangunan infrastruktur.

Sebanyak 500 mahasiswa hadir dalam acara tersebut. Mereka berasal dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas HKBP Nommensen, dan Universitas Methodist Indonesia.

Sebelumnya Kepala Kanwil DJP Sumut I, Mukhtar mengatakan, rangkaian kegiatan Pajak Bertutur ini merupakan bagian dari upaya Ditjen Pajak dalam meningkatkan kepatuhan pajak masyarakat melalui inklusi kesadaran pajak dalam pendidikan formal.

"Bersama dengan Kemendikbud dan dan Kemenristek Dikti, Ditjen Pajak telah mengembangkan materi literasi pajak termasuk bahan ajar yang
dapat diunduh di micro site edukasi.pajak.go.id,"kata Mukhtar.

Selanjutnya dalam waktu dekat, pihaknya akan melaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis materi kesadaran pajak kepada para dosen dan guru serta pegawai di masing-masing instansi yang terlibat dalam program pembelajaran kesadaran pajak.

"Rangkaian kegiatan ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, diharapkan pada tahun 2020 inklusi kesadaran pajak sudah dapat terintegrasi secara penuh di semua jenjang pendidikan,"ungkapnya.

Dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Sumber Daya USU mengatakan,latar belakang acara ini sebagai tindak
lanjut MoU antara USU dengan Kanwil DJP Sumut I atau antara Ditjen pajak dan Perguruan Tinggi sebagai langkah lanjutan untuk melahirkan program kesadaran inklusi pajak.

"Tax Center ini sebagai penddikan untuk menanamkan kesadaran pajak kepada peserta didik maupun pengajar.Salah satu upaya itu dengan melakukan sosialisasi kepada masyrakat dan kaum terpelajar dalam hal ini adalah Perguruan Tinggi,"ucap Fidel.

Dikatakannya, kegiatan ini sebagai tindak lanjut yang dilakukan 28 oktober 2013 lalu dengan pembentukan Tax Center USU.Pihaknya juga
telah melakukan pembentukan sosialisasi terutama terkait e billing, pembayaran SPT mellui e billing, pelatihan program pajak sehingga Tax Center USU menjadi Tax Center terdepan sebagai mitra Kanwil DJP sumut I.

"Dengan ditandatanganinya MoU ini, kerjasama kedua belah pihak kiranya dapat terus meningkat  agar lahir MoA dengan program yang lebih terperinci antara unit yang berada di USU dan Kanwil DJP Sumut I," harapnya seraya menambahkandengan adanya MoU ini dapat direalisasikan dgn baik, dan dapat memberi manfaat kedua belah pihak secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar inklusi kesadaran perpajakan masyarakat juga dapat melihatnya di micro site edukasi.pajak.go.id. Program dan layanan yang disediakan Ditjen Pajak dapat dilihat pada www.pajak.go.id atau hubungi Kring Pajak di 1 500 200. (SIONG)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

31°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 67%

Wind: 11.27 km/h

  • 24 Aug 2017 31°C 22°C
  • 25 Aug 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px