Log in

Jelang Mudik Lebaran, KM Kelud Tambah Frekuensi Kunjungan


Belawan-andalas Untuk melayani mudik jelang Idul Fitri 1440 H, PT Pelni akan menambah frekuensi kunjungan kapal penumpang KM Kelud ke Pelabuhan Belawan, disebutkan penambahan jadwal akan berlangsung tiga kali seminggu.

Kepala Cabang PT Pelni Medan Luthfi Israr saat dikonfirmasi, Selasa (13/5) mengatakan, untuk persiapan pelayanan angkutan Lebaran 2019, akan ada penambahan frekuensi kunjungan kapal yang sebelumnya hanya satu kali dalam seminggu menjadi tiga kali dalam seminggu.

Penambahan jadwal akan diberlakukan sejak tanggal 28 Mei 2019. PT Pelni diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk melayani angkutan Lebaran tidak akan menambah armada kapal, tetapi hanya menambah frekuensi kunjungan kapal tersebut.

Penambahan frekuensi kunjungan KM Kelud dari sekali seminggu menjadi tiga kali seminggu, diharapkan mampu memberi layanan yang baik kepada masyarakat pengguna jasa.

"Dengan frekuensi ditambah kapasitas penumpang kapal yang mencapai 2.607 orang maka kita harapkan pelayanan bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Selain frekuensi kunjungan kapal ditambah, kata Luthfi, jadwal kunjungan kapal juga diubah. Jika biasanya KM Kelud bersandar di Pelabuhan Belawan setiap hari Senin dan bertolak meninggalkan Pelabuhan Belawan besok harinya maka mulai Sabtu (11/5) hingga Senin (3/6), jadwal kapal pulang pergi diubah. Jika kapal bersandar di Pelabuhan Belawan pada pagi hari, maka akan berangkat langsung pada sore harinya.

Sejak Selasa (28/5) hingga Senin (3/6), KM Kelud hanya melayani pelayaran Belawan-Batam pulang pergi, lalu pada hari Minggu (9/6) KM Kelud melayani pelayaran Belawan-Tajung Priok via Tanjungbalai Karimun-Batam.

Kemudian, pada Jum at (14/6) hingga Selasa (18/6) KM Kelud kembali hanya melayani pelayaran Belawan-Batam. Lalu Jum at (21/6) KM Kelud kembali melayani pelayaran Belawan-Tanjung Priok via Tanjungbalai Karimun-Batam. Masa peak season diperkirakan hingga Selasa (9/7).

Luthfi memprediksi arus puncak mudik Lebaran terjadi 28 Mei hingga 3 Juni 2019. Untuk saat ini, harga tiket tidak ada mengalami kenaikan, sehingga pelayanan tiket berjalan normal. "PT Pelni sudah siap memberi layanan yang baik kepada masyarakat," ucapnya. (DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px