Log in

Jelang Imlek, Omset Pedagang Kue Kering Merosot

PEDAGANG KUE-Pedagang kue kering di Pasar Ramai, Alui sedang melayani sejumlah pembeli etnis Tionghoa, Selasa (13/2). (andalas/siong) PEDAGANG KUE-Pedagang kue kering di Pasar Ramai, Alui sedang melayani sejumlah pembeli etnis Tionghoa, Selasa (13/2). (andalas/siong)

Medan-Andalas Meski tetap ramai dan setiap hari ada yang beli, pedagang kue kering Imlek di Pasar Ramai Medan mengaku omzet mereka menurun.

Seperti yang diakui salah seorang pedagang kue kering bernama Alui. Kendati masih tetap ramai tiga hari menjelang Imlek, Alui yang telah menjajakan kue kering selama puluhan tahun itu mengaku terjadi penurunan pembeli sebesar 20 persen.

"Lihat sendiri, tiap hari memang ada yang beli tapi jika dibanding tahun lalu ngerilah merosot 20 persen penjualan,"keluh Alui kepada Andalas, Selasa (13/2).

Hal ini kata dia, otomatis berimbas pada penurunan omzet dagangannya di tahun ini. Jika pada tahun lalu di saat-saat ramai dirinya bisa mengantongi omzet lebih dari Rp 5 juta per hari maka tahun ini hanya mengantongi Rp 4 juta per hari. "Nggak tau ya kenapa bisa turun omset, coba tanya ke pemerintah kok bisa lesu begini ekonomi kita,"kata Alui.

Alui menjelaskan, sejak awal bulan lalu peningkatan pembelian kue kering Imlek tidak ada terlihat sama sekali.Suasana Pasar Ramai adem anyem seperti tak ada warga etnis Tionghoa sedang menyambut datangnya momen Imlek.

"Tahun kemarin kita itu sampai nggak sempet duduk, sekarang malah kebanyakan duduk.Adem anyem azalah suasananya sama seperti hari biasa. Penjualan kue bakul juga tidak semanis rasanya alias merosot ,"ungkap Alui didampingi adik laki-lakinya, Leonardi Gani.

Alui menyebutkan, dirinya menjual berbagai jenis kue kering produk sendiri dan titipan jual dari pihak lain.Adapun sejumlah kue kering itu seperti nastar, kacang tepung, lumpia, kue nenas, kuaci, kue bawang dan lainnya. Harga yang dibanderol pun bervariasi mulai dari Rp 45.000-Rp 100.000 tergantung permintaan pembeli. Kalo harga tergantung permintaaan pembeli mau kue apa dan berapa kilo.Ukuran toples rata-rata setengah kilo  disini ,"ungkap Alui.

Menghadapi tahun anjing Alui berharap, ekonomi Indonesia bisa segera pulih sehingga daya beli masyarakat semkin meningkat dan pedagang bisa diuntungkan. "Harapan saya ekonomi makin baiklah, kalau daya beli masyarakat tinggi maka kita juga berani produksi kue kering lebih banyak, dagang pun jadi enak," imbuhnya.(SIONG)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 3.22 km/h

  • 24 Oct 2018 27°C 22°C
  • 25 Oct 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px