Log in

Hujan Lebat Picu Kenaikan Harga Cabai

Ilustrasi Ilustrasi

Medan-andalas Harga cabai merah di Kota Medan dalam 3 hari terakhir naik cukup signifikan. Di awal bulan harga cabai sempat bertahan dikisaran Rp24 ribu per Kg (kilogram). Namun kini harga cabai merah naik hingga Rp36 ribu per Kg atau melonjak sekira 50% dibanding harga saat pekan pertama bulan ini.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, sejumlah pedagang menyatakan kenaikan harga terkait  pasokan yang berkurang dari wilayah Berastagi. Sejumlah distributor dari wilayah tersebut tidak optimal dalam mensuplai barang kebutuhan pokok khususnya cabai saat ini.

"Setelah kita telusuri yang menjadi pemicu kenaikan harga cabai karena intensitas hujan sangat lebat dalam 3 hari belakangan ini,"kata Gunawan di Medan, Senin (10/9).

Gunawan menjelaskan, petani terganggu dalam memanen cabainya, demikian halnya dengan masalah distribusi di lapangan. Selain itu, intensitas hujan yang tinggi juga mengakibatkan beban biaya produksi cabai menjadi lebih mahal. Hal ini dikarenakan petani harus mengeluarkan biaya tambahan untuk merawat tanaman cabai khususnya terkait dengan kebutuhan pestisida. "Kenaikan harga cabai saya  pastikan tidak ada keterkaitannya sama sekali dengan pelemahan Rupiah,"ucap Gunawan.

Malah sebut Gunawan, harga bawang putih yang merupakan komoditas impor kini justru dikisaran 20 ribu per Kg, dari sebelumnya (awal bulan) dikisaran 24 ribu per Kg.

Selain bawang putih, harga telur ayam juga mulai turun belakangan ini. Harga telur ayam turun dikisaran Rp22 ribu per Kg dari harga sebelumnya saat akhir bulan kemarin yang masih bertahan dikisaran Rp24 ribu per Kg. "Saya melihat potensi harga telur ayam bisa turun lagi direntang Rp19 ribu hingga 21 ribu  di akhir bulan ini,"sebutnya.

Gunawan beralasn, hal ini didorong oleh siklus pergantian ayam indukan petelur yang sudah memasuki masa produktifitas yang mendekati optimal.

Selain itu, kenaikan harga telur sebelumnya yang sempat diperdebatkan saat ini sudah melewati 8 pekan. Artinya siklus ayam indukan sudah kembali normal dan harga telur ayam di perkirakan turun.(Siong)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 97%

Wind: 4.83 km/h

  • 22 Oct 2018 29°C 23°C
  • 23 Oct 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px