Log in

Harga Telur Ayam Naik Signifikan


Medan-andalas Harga telur ayam belakangan ini mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Harga telur ayam di Provinsi Sumatera Utara dijual dikisaran Rp24 ribu per kg dari posisi normalnya dikisaran Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per kg. Kenaikan harga telur di luar Pulau Sumatera saat ini bahkan sempat menyentuh Rp30 ribu per kg.

Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, untuk wilayah Sumut kenaikan harga telur karena ada pergantian ayam petelur. Di sejumlah wilayah yang dipantau pihaknya, terlihat ada beberapa peternak yang tengah mengganti indukan ayam petelur.

"Penurunan produktifitas ayam petelur membuat petani harus mengganti indukan ayam,"kata Gunawan di Medan, Kamis (12/7).
Gunawan menjelaskan, umumnya ayam petelur dikatakan masih dalam kondisi normal, jika produktifitas dalam menghasilkan telur itu berkisar 85% hingga 100%.

"Nah disaat produktifitas menyentuh angka 25 persen bahkan sejumlah ayam sudah tidak bertelur atau biasa di sebut ayam afkir, maka disaat itu peternak akan mengganti indukan ayam petelurnya,"ungkap Gunawan.

Untuk itu imbuh dia, memang dibutuhkan waktu agar harga telur ayam bisa kembali normal. Jika produktifitas ayam sudah pulih atau saat mencapai 85 persen maka harga telur ayam bisa ditekan di bawah Rp21 ribu per kg.

"Kenaikan harga telur ayam ini juga dipengaruhi oleh wilayah lain yang memang harga telurnya lebih mahal di bandingkan wilayah Sumut,"imbuhnya.

Gunawan, mengkhwatirkan jika harga teur ayam di wilayah lain tak kunjung turun, maka bakal mengerek kenaikan harga telur ayam di wiayah ini. Hal ini lebih dikarenakan oleh distribusi telur ayam yang berpeluang keluar wilayah Sumut. "Walaupun ini terjadi saya perkirakan tidak akan berlangsung lama," sebutnya. (Siong)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 11 Dec 2018 27°C 22°C
  • 12 Dec 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px