Log in

Harga Minyak Serai Wangi Merangkak Naik

Masyarakat Gayo Lues sedang melakukan penyulingan minyak serai wangi.Andalas/anuar Masyarakat Gayo Lues sedang melakukan penyulingan minyak serai wangi.Andalas/anuar

Gayo Lues-andalas Harga minyak serai wangi di Kabupaten Gayo Lues mulai merangkak naik. Jika sebelumnya dihargai Rp 200 ribu per kg oleh penampung, kini mulai naik menjadi Rp 215 ribu per kg. Dan semua barang ditampung oleh penampung tanpa membatasi pembelian seperti sebelumnya.

Arwin, salah satu petani serai wangi, Kamis (21/2) mengatakan, saat ini minyak serai wangi sudah laku seperti sebelumnya, hanya saja harganya tidak lagi sampai Rp 300 ribu per kg seperti tahun 2018 silam. Dan berapapun minyak serai wangi yang dimiliki petani sudah dibeli penampung tanpa ada lagi pembatasan-pembatasan penjualan.

"Alhamdulilah harganya sudah berangsur normal, tapi saya belum menjualnya karena masih dalam proses penyulingan. Tapi ada kawan kemarin sudah menjual minyak serai wangi di atas Rp 200 per kg," katanya.

Ia berharap, harga minyak serai wangi kembali naik seperti tahun 2018 silam yang mencapai Rp 330 ribu per kg. Harga seperti itu akan membangkitkan gairah petani untuk kembali menanam serai wangi demi kesejahteraan masyarakat ke depanya.

Mansyur, salah satu agen penampung minyak serai wangi di Kecamatan Kutapanjang membenarkan harga minyak serai wangi sudah naik dari Rp 200 ribu per kg menjadi Rp 215 ribu per kg, dan pemasaran minyak serai wangi juga sudah normal seperti sedia kala.

"Tidak ada lagi pembatasan pembelian kami, berapapun barang yang diantarkan petani kami tampung semua, dengan catatan kualitas minyak serai wangi harus bagus dan tanpa campuran. Tapi kalau minyaknya tidak bagus tidak akan kami beli," kata Mansyur.

Saat ini, kata Mansyur, toke Medan yang sebelumnya tidak membeli minyak serai wangi sudah kembali membelinya, dan hampir seluruh barang dari Gayo Lues dijual penampung kepada toke Medan yang kemudian melakukan ekspor ke negara luar.

"Alasan toke Medan tidak membeli kemarin itu karena permintaan pasar sedang sepi, jadi minyak serai wangi tidak dibeli dari penampung. Tapi sekarang pasar globalsudah mulai membaik lagi, dan permintaan minyak serai wangi sudah berangsur normal," jelasnya. (Nuar)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px