Log in

Harga Jagung Siap Panen Tembus Rp3.600 per Kg

Jagung siap panen menunggu diangkut tauke di Kecamatan Blangkejeren. Jagung siap panen menunggu diangkut tauke di Kecamatan Blangkejeren.

Blangkejeren-andalas Harga jagung di Kabupaten Gayo Lues ikut mengalami kenaikan di tengah isu wabah virus corona. Harga yang semula hanya Rp3.300 per kg kini naik menjadi Rp3.600 hingga Rp3.800 per kg.

Sudir petani jagung di Blangkejeren, Senin (6/4) mengatakan, sebelumnya ada isu bahwa tauke jagung di Gayo Lues tidak membeli jagung lantaran gudang di Medan tidak menerima jagung selama wabah virus corona merebak.

"Tapi setelah saya tanya ke taukenya di Penampaan (Simpang Porang), katanya masih membeli jagung, dan sayapun dengan cepat melakukan pemanenan, di samping harganya juga pas, takutnya ke depan tidak dibeli lagi oleh tauke," katanya mengaku was-was akibat virus corona.

Dilanjutkan Sudir, untuk memanen satu hektare kebun jagungnya dibantu oleh 10 orang ibu-ibu dengan ongkos per karung Rp8 ribu dan jagungnya siap dipanen dengan waktu satu hari setengah. Kemudian setengah harinya langsung dirontok dan diangkut ke pinggir jalan supaya memudahkan tauke mengangkut hasil panen tersebut.

"Setelah datang taukenya langsung dilihat kadar air jagungnya, ternyata untuk jagung yang baru siap panen dihargai Rp3.600 per kg dan untuk jagung kering yang sudah dijemur dihargai Rp3.800 per kg. Harga ini sudah lumayan jika dibandingkan dengan sebelumnya yang hanya Rp3.300 per kg nya," jelasnya.

Jagung yang dihasilkan petani di Kabupaten Gayo Lues biasanya dibawa ke Medan untuk diolah menjadi pakan ternak, sedangkan sebagian kecil lainnya dibawa ke daerah Banda Aceh untuk memenuhi pakan ternak dengan sistem dijual eceran jadi jagung pecah. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C