Log in

Hadapi MEA, UHN Medan dan NDHU Taiwan Teken MoU

Prof Dr Shu- Ling Chen dan Prof Chih Peng Chu dari NDHU Taiwan diabadikan bersama seusai penyematan ulos oleh Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau dan Direktur Pascasarjana UHN Dr Pantas H Silaban, MBA, WR IV Dr Hilman Pardede MPd. Prof Dr Shu- Ling Chen dan Prof Chih Peng Chu dari NDHU Taiwan diabadikan bersama seusai penyematan ulos oleh Rektor UHN Dr Ir Sabam Malau dan Direktur Pascasarjana UHN Dr Pantas H Silaban, MBA, WR IV Dr Hilman Pardede MPd.

Medan-andalas Dalam rangka menghadapi tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan getol menjalin kerja sama internasional. Salah satunya dengan National Dong Hwa University (NDHU) Taiwan.

“UHN Medan telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global. Ini disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN. Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang,” kata Rektor UHN UHN Dr Ir Sabam Malau seusai menandatangani naskah Memorandum of Understanding (MoU) dengan NDHU Taiwan di Ruang Dr Justin UHN, Kamis (6/9/).

Penandatangan MoU dihadiri pimpinan NDHU Prof Dr Shu-Ling Chen dan Prof Chih Peng Chu. Sabam Malau mengatakan, tidak ada alasan bagi perguruan tinggi untuk sembunyi dari ruang globalisasi dan pasar bebas. Yang bisa dilakukan adalah langkah-langkah antisipatif. “Penandatangan MoU dan MoA dengan berbagai institusi luar negeri yang juga punya reputasi ini salah satu langkah antisipasi itu,” tegas Sabam.

UHN sendiri, katanya, sejak 2015 telah mencanangkan misi “Nommensen HKBP University (NHU) Goes international” dengan mengusung delapan program, di antaranya pengakuan internasional kepada alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri. Kemudian layanan dengan mutu kelas dunia, kuliah internasional, publikasi ilmiah internasional, dan program studi campuran internasional.

“Berbagai hasil telah kita capai. Sejak 1 April 2015 UHN telah menandatangani MoU dengan 27 perguruan tinggi terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia,” ungka Rektori. Rektor juga mengatakan, Ketua Yayasan UHN Ir Nurdin Tampubolon, MM telah menyetujui International College sejak 1 Maret 2018 dengan membuka Program Joint Degree (alumni punya dua gelar) sebagai bagian dari internasionalisasi kampus.

Seementara itu, Prof Shu-Ling Chen dari NDHU mengatakan, sangat senang dengan adanya MoU antara UHN dan pihaknya. “Semoga MoU dan pelatihan yang kami berikan bermanfaat untuk kedua intitusi dan kita makin siap menghadapi pasar global,” tegas Prof Shu-Ling Chen.

Sebelumnya, Direktur Pascasarjana UHN Dr Pantas H Silaban SE MBA mengatakan, bersama NDHU pihaknya menggelar pelatihan publikasi internasional untuk dosen dan maahasiswa S2 agar mereka bisa menulis di jurnal internasional bereputasi. (HAM)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 11.27 km/h

  • 21 Sep 2018 30°C 22°C
  • 22 Sep 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px