Log in

Gubernur Minta Dekranasda Tumbuhkan Cinta Produk Lokal

Gubernur Edy Rahmayadi bersama Wagub Musa Rajekshah meninjau produk-produk hasil kerajinan lokal yang dipamerkan. Gubernur Edy Rahmayadi bersama Wagub Musa Rajekshah meninjau produk-produk hasil kerajinan lokal yang dipamerkan.

Medan-andalas Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengharapkan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumut dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap produk-produk kerajinan lokal. Sehingga semakin banyak produk hasil buatan pengrajin lokal yang digunakan masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi pada acara Pengukuhan Pengurus Dekranasda Provinsi Sumut Masa Bakti tahun 2018-2023 dan Musyawarah Daerah Dekranasda Provinsi Sumut, Rabu (7/11) di Gedung Binagraha Jalan Diponegoro Medan.

Menurut Edy Rahmayadi, rasa cinta terhadap produk lokal itu bisa ditumbuhkan. Dimulai dari para pengurus Dekranasda Provinsi Sumut dengan menggunakan produk-produk kerajinan daerah buatan pengrajin Sumut. "Ibu-ibu yang hadir di acara ini, ada yang pakai tas buatan pengrajin dari Sumatera Utara, seperti yang dipajang di depan tadi," tanya Edy.

Kata Edy, para ibu-ibu pengurus Dekranasda tidak perlu lagi jauh-jauh ke Paris hanya untuk beli tas. Karena di Sumut sudah ada produk pengrajin lokal yang bagus-bagus, seperti tas dan lainnya. “Di Sumatera Utara ini semuanya ada. Seperti Bolu Meranti, Roti Kacang, Roti Ganda dan lain sebagainya,” ujarnya.

Gubernur menuturkan, ketika berada di Bandara Soekarno Hatta, melihat banyak penumpang yang membawa bungkusan yang berisi aneka jajanan dari Sumut. Ketika ditanya kepada salah penumpang, ternyata penumpang tersebut baru tiba dari Bandara Kuala Namu Deli Serdang Sumatera Utara. "Sumatera Utara ini hebat, ini bisa lebih hebat jika kita berkarya, berbuat, konkrit. Tidak hanya wacana. Harus jelas," ujar Edy.

Ketua Dekranasda Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi pada kesempatan itu mengharapkan agar pengurus Dekranasda dapat menyusun program-program pembinaan dan pengembangan pengrajin, serta pelaku usaha industri kerajinan. "Sehingga diharapkan para pengrajin akan mampu menyiapkan produk-produk kerajinan yang mempunyai daya saing dan kreativitas tinggi," ujarnya.

Nawal juga mengingatkan kepada seluruh pengurus Dekranasda untuk dapat membentuk pengrajin dan pelaku usaha yang handal. "Handal dalam menciptakan produk-produk unggulan yang dapat dibanggakan, baik di dalam maupun luar daerah," harapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi bersama Wakil Sekretaris Jenderal Dekranas Ikhwan dan Wagub Musa Rajekshah juga meninjau produk-produk hasil kerajinan lokal yang dipamerkan. Gubernur memotivasi para pengrajin untuk terus meningkatkan kualitas dan produksinya. (WAN)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 21 Nov 2018 27°C 22°C
  • 22 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px