Logo
Print this page

FP UMA Panen Perdana Pisang Unggulan

Ketua Peneliti Pisang Unggulan Dr Ir Suswati MP, peneliti Dr Ir Sumihar Hutapea MS, Sekretaris Rektor UMA Ir Asmah Indrawati MP, Wakil Dekan Bidang Akademik FP UMA Ir Erwin Pane MS, Ketua Prodi Agroteknologi Ellen Panggabean SP MP bersama mahasiswa dan kelompok tani melakukan panen perdana pisang unggulan di lahan edukasi Desa Sampai, Deli Serdang, Sabtu (8/12). Andalas/hamdani Ketua Peneliti Pisang Unggulan Dr Ir Suswati MP, peneliti Dr Ir Sumihar Hutapea MS, Sekretaris Rektor UMA Ir Asmah Indrawati MP, Wakil Dekan Bidang Akademik FP UMA Ir Erwin Pane MS, Ketua Prodi Agroteknologi Ellen Panggabean SP MP bersama mahasiswa dan kelompok tani melakukan panen perdana pisang unggulan di lahan edukasi Desa Sampai, Deli Serdang, Sabtu (8/12). Andalas/hamdani

Medan-andalas Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian (FP) Universitas Medan Area (UMA) melakukan panen perdana tanaman pisang unggulan di lokasi lahan edukasi Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (8/12).

Panen perdana dihadiri Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc diwakili Sekretaris Rektor Ir Asmah Indrwati MP, Wakil Dekan Bidang Akademik FP UMA Ir Erwin Pane MS, Ketua Peneliti Pisang Unggulan Dr Ir Suswati MP, peneliti Dr Ir Sumihar Hutapea MS, Ketua Prodi Agroteknologi Ellen Panggabean SP MP, dan puluhan mahasiswa Prodi Agroteknologi FP UMA.

Juga hadir mitra kerja FP UMA dalam pengembangan tanaman pisang, di antaranya Anggun SH MHum dari Kelompok Tani Masyarakat Bersatu Desa Sampali, Sugito dari Kelompok Tani Enggal Mukti dan sejumlah pengurus dan anggota kelompok tani.  

Ketua Peneliti Dr Ir Suswati MP dalam sambutannya sesaat sebelum melakukan panen perdana mengatakan, tanaman pisang di atas lahan seluas 2,5 hektare merupakan hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) 2018 yang dibiayai Kemenristekdikti.

Program tersebut dimulai sejak sembilan bulan lalu. “Saat melakukan penananam sembilan bulan lalu, mulanya kami agak terganggu dengan cuaca yang musim kemarau. Tapi alhamdulillah, gangguan cuaca bisa diatasi, dan hasilnya sangat menggembirakan. Tandan pisang yang kita panen di atas rata-rata,” kata dosen FP UMA ini.

Pada panen peredana ini, katanya, pihaknya baru melakukan panen untuk pisang barangan dan pisang roti. Sedangkan untuk pisang kepok P7 dan P8 dan fhia-17 dijadwalkan dua bulan lagi panen.

Dijelaskannya, program yang mereka lakukan merupakan upaya penyelamatan plasma nutfah pisang unggul nasional , yakni kepok, barangan, pisang roti, dan phia-17 (pisang introduksi). Program ini dilakukan dengan teknik kultur jaringan, aplikasi agen hayati dan pengendalian organisme pengganggu tanaman secara terpadu.

Adapun metode penelitian yang dilakukan, untuk Blok A ditanami lima jenis pisang, yakni kepok P8, kepok P7, barangan, fhia-17 dan barangan merah dengan jarak tanam 3 m X 3 m. Lalu di sela-sela tanaman pisang ada  tanaman refugia kenikir, lengkuas, titonia, lantana camara, dan ireng dan aplikasi mikoriza sebagai pupuk hayati serta 50 persen pupuk kimia.

“Sedangkan untuk Blok B ditamani dua jenis tanaman pisang, yakni barangan dan kepok P7 dengan jarak tanam 2m X 2m (double row). Untuk jenis ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi mikoriza dan hijauan titonia difersifolia, tanaman refugia kenikir, lengkuas, titonia, lantana camara dan temu ireng, tanpa menggunakan pupuk kimia,” tambah Suswati.

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan diwakili Sekretaris Rektor Asmah Indrwati mengatakan, sangat mengapresiasi program tanaman pisang unggul karena sangat bermanfaat untuk masyarakat. “Rektor juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat kelompok tani yang membantu UMA dalam menyukseskan program pengembangan pisang unggul nasional ini,” kata Asmah.

Sedangkan Anggun SH MHum mewakili kelompok tani berharap kerja sama dengan UMA tidak hanya dalam pengembangan pisang unggul, tapi juga dalam bidang lainnya seperti penyuluhan hukum bagi kelompok tani Desa Sampali. 

“Kami bangga bekerjasama dengan UMA. Karena baru kali ini kami melihat pisang yang begitu besar,” kata Anggun seraya menunjuk pisang roti hasil penelitian UMA. (HAM)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com