Log in

Enam Masjid Indah untuk Dikunjungi di Asia

Masjid Biru, Istanbul, Turki Masjid Biru, Istanbul, Turki

Jakarta-andalas Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan tempat menawan dan inspiratif yang sarat dengan sejarah dan keindahan. Agoda, salah satu perusahaan perjalanan online yang paling cepat berkembang di dunia, menyoroti destinasi wisata di seluruh dunia di mana para turis dapat menemukan beberapa masjid paling menakjubkan yang pernah dibangun.

Dari beberapa masjid terindah di berbagai belahan dunia, Agoda dalam siaran persnya, Senin (9/9), menyebut setidaknya enam masjid di kawasan Asia yang patut untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata. Keenam masjid tersebut antara lain:

Pertama, Masjid Biru. Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Istanbul, Turki. Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616. Masjid Biru adalah visi arsitektur Sultan Ahmed I dari Kesultanan Utsmaniyah (Kekaisaran Ottoman) ketika baru berusia 13 tahun.

Bangunan megah ini memiliki enam menara tinggi. Tidak seperti masjid yang lebih tradisional yang hanya memiliki satu hingga empat menara. Masjid Biru paling baik dikunjungi dengan tur pribadi atau kelompok kecil berpemandu guna mempelajari kekayaan sejarah masjid ini.

Kedua Masjid Kul Sharif, terletak di Kazan, sebuah kota di barat daya Rusia. Masjid Kul Sharif yang menakjubkan ini dibangun kembali pada tahun 2005 dengan sentuhan modern yang nyata setelah dihancurkan pada tahun 1552. Dengan tiga bagian bangunan, yaitu masjid, tugu peringatan dan kantor administrasi, masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Eropa.

Ketiga, Masjid Agung Sheikh Zayed yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Sebagai sebuah prestasi arsitektur yang benar-benar menakjubkan, Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu masjid terbesar di dunia. Kapasitas masjid ini mampu menampung  40.000 jemaah sekaligus. Menampilkan dinding marmer berwarna putih salju yang spektakuler, lampu kristal emas 24 karat, dan karpet tenunan tangan terbesar seluas 5.630 m², masjid ini menyambut lebih dari lima juta pengunjung dalam setahun.

Keempat, Masjid al-Haram di Mekkah, Arab Saudi. Sebagai situs ziarah haji dan umrah, Masjid al-Haram adalah masjid paling suci dalam agama Islam. Masjid ini dapat menampung hingga empat juta orang dan dianggap oleh umat Muslim sebagai tempat paling suci di dunia.

Khusus di Mekkah, Agoda.com/umrah menawarkan lebih dari 200 pilihan akomodasi dan tarif istimewa bagi para turis yang hendak melakukan wisata religi.

Kelima, Masjid Agung di Xi’an, China. Masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Tiongkok yang didirikan pada abad ke-8. Dengan perpaduan arsitektur khas Tiongkok dan seni Islam, masjid ini adalah salah satu situs suci paling menarik di negeri ini.

"Sebagai yang pertama dari empat ibu kota kuno Tiongkok, jangan lewatkan tur untuk menjelajahi sejarah dan kisah budaya dari Xi'an," tulis Agoda.

Keenam, Masjid Tokyo Camii di Jepang. Tokyo Camii adalah masjid terbesar di Jepang. Masjid ini dibangun dengan gaya Ottoman yang megah oleh para imigran asal Turki dengan menggunakan bahan bangunan dan perabotan yang diimpor dari Turki.

Tak jauh dari masjid ini, wisatawan juga dapat mengunjungi Pusat Budaya Turki yang lokasinya berdekatan atau berbelanja makanan halal di supermarket halal yang baru dibuka di sekitar area masjid.

Agoda yang mengawali kiprahnya sebagai start-up e-commerce berbasis di Singapura pada tahun 2005 menawarkan kepada para wisatawan akses mudah ke berbagai pilihan hotel, apartemen, rumah dan vila, baik mewah maupun budget, yang sesuai dengan semua anggaran dan jenis perjalanan.

Berkantor pusat di Singapura, Agoda merupakan bagian dari Booking Holdings dan mempekerjakan lebih dari 4.000 staf di 53 kota dan lebih dari 30 negara. Agoda.com dan aplikasi mobile Agoda tersedia dalam 38 bahasa. (GUS/REL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px