Log in

Elpiji 3 Kg di Aceh Utara Dijual Rp 28.000

Ilustrasi Ilustrasi

Aceh Utara-andalas Harga gas elpiji (LPG) subsidi 3 kg dijual hingga Rp 28 ribu per tabung di sejumlah Kecamatan seperti di Seunuddon, Langkahan dan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara.

Akibat mengalami kelangkaan warga terpaksa membelinya hingga Rp 28 ribu dari pengecer ilegal kendati harganya jauh melampaui HET Rp 18 ribu, karena memang sudah menjadi kebutuhan.

“Begitu truk memasok gas ke pangkalan resmi, sekejap mata langsung ludes dijual. Dijual bukan kepada warga miskin, tapi kepada pedagang eceren ilegal dalam jumlah banyak, sehingga dijual dengan harga sesuka hatinya,” ungkap Raman, warga Seunuddon, Jumat (30/8).

Lanjut Raman, karena sebelumnya warga miskin diminta KTP agar dapat menjadi pelanggan tetap yang mendapatkan gas, tapi nyatanya pangkalan tak menjual kepada kami, ini zalim namanya. “Kalau pun dijual bukan seperti harga tertulis di plank (Rp 18 ribu), tapi Rp 20 ribu,” tambahnya.

Raman juga mengatakan, warga sangat berharap aparat dan pihak terkait menyikapi persalahan ini dengan turun langsung melakukan inspeksi dan memberi sanksi terhadap oknum pangkalan nakal, agar harga gas elpiji subsidi tersebut stabil dan dapat dinikmati warga miskin.

Hal senada juga dikatakan Reza Angkasah, salah satu tokoh pemuda Aceh Utara. Menurutnya, di wilayah Kecamatan Tanah Jambo Aye, harga gas elpiji 3 Kg tersebut justru mencapai Rp 28 ribu per tabung. Reza sangat menyayangkan tingginya harga gas subsidi itu.

“Padahal elpiji 3 Kg itu sudah disubsidi oleh pemerintah untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Saya berharap pihak Pertamina harus bertanggungjawab dalam hal ini. Sebab, permainan harga barang subsidi ini akan memperburuk citra pemerintah di mata masyarakat,” papar Reza.

Selain itu katanya, akan berdampak buruk pada masyarakat di kalangan bawah, sehingga ekonomi masyarakat semakin terpuruk.

“Saya mendesak Polda Aceh melalui tim Satgas Pangan untuk mengusut tuntas dugaan permainan harga gas elpiji 3 kg tersebut. Hal ini juga merupakan kelalaian Pertamina dalam mengawasi semua pangkalan gas elpiji di Aceh Utara,” tandasnya. (MUL)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 92%

Wind: 6.44 km/h

  • 22 Sep 2018 27°C 22°C
  • 23 Sep 2018 30°C 21°C

Banner 468 x 60 px