Log in

BUMG Nisam Aceh Utara Wakili Aceh ke Munas FBI di Padang

Komisaris BUMG Makmu Sejahtera Gampong Meunasah Rayeuk Nisam, Aceh Utara, Tgk Munirwan di lokasi Munas I Forum BUMDes Indonesia di Padang, Sumatera Barat.  andalas/ist Komisaris BUMG Makmu Sejahtera Gampong Meunasah Rayeuk Nisam, Aceh Utara, Tgk Munirwan di lokasi Munas I Forum BUMDes Indonesia di Padang, Sumatera Barat. andalas/ist

Aceh Utara-andalas Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Makmu Sejahtera milik Desa Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara mewakili Aceh untuk menghadiri musyawarah nasional pertama Forum BUMDes Indonesia (FBI) di Kota Padang, Sumatera Barat.

Selain pihak BUMG yang meraih penghargaan terbaik di Aceh beberapa waktu lalu turut pula unsur akademisi dan pendamping pada Munas FBI yang difasilitasi oleh Kementerian Desa dan PDTT.

Komisaris BUMG Meunasah Rayeuk Nisam Tgk Munirwan melalui sambungan telepon, Kamis (30/8) melaporkan, dirinya ikut mewakili Provinsi Aceh bersama empat orang lainnya. Pada event nasional ini, BUMG Makmu Sejahtera diundang sebagai salah satu representatif BUMDes/BUMG di Aceh.

“Selain dari Meunasah Rayeuk juga ada BUMG dari Aceh Singkil dan Aceh Barat serta pendamping dari unsur pemerintah,” ungkap Tgk Munirwan yang juga merupakan Keuchik Meunasah Rayeuk.

Pada kegiatan ini, sebut dia, musyawarah juga memilih ketua forum nasional serta pelantikan pengurus forum BUMDes provinsi se-Indonesia.

Tgk Munirwan berharap dengan kegiatan ini, dirinya dan BUMG Makmu Sejahtera dapat memperkuat jaringan untuk pengembangan usaha milik Gampong Meunasah Rayeuk yang bergerak di bidang ketahanan pangan, yakni menyediakan kebutuhan modal bagi para petani padi.

“Kami berharap melalui kegiatan ini juga menambah kemampuan dan keahlian untuk pengembangan BUMG Makmu Sejahtera Nisam,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua FBI Aceh, Bobby Denil Lesmana yang turut dilantik bersama ketua 32 provinsi (minus DKI Jakarta) se-Indonesia sekaligus menerima mandat untuk membentuk organisasi hingga ke tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia, mengatakan organisasi ini dibentuk sebagai upaya pengembangan manajerial BUMDes/BUMG. Keterwakilan beberapa pihak seperti akademisi, pendamping hingga pakar marketing selain pelaku usaha itu sendiri ke dalam FBI, disebut bertujuan membangun kemandirian usaha desa.

“Untuk Aceh kita akan bentuk cluster (gugus) seperti di wilayah utara diwakili Aceh Utara, wilayah tengah di Bener Meriah dan wilayah barat selatan di Meulaboh. Hal ini karena keterbatasan karena kita diminta untuk benar-benar mandiri,” Papar Bobby.

Selain seremonial pelantikan pengurus, kata Bobby, Munas Ke-I FBI juga melahirkan 5 item kesepahaman bersama yang dikenal sebagai “Deklarasi Mandeh”. Deklarasi Mandeh sebagai panduan arah tujuan pembentukan organisasi kedua, setelah organisasi perkumpulan pelaku usaha, Persatuan BUMDes Indonesia. “Deklarasi Mandeh merupakan ikrar bersama untuk kemajuan BUMDes se-Indonesia” sebut Bobby. (MUL)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 21 Sep 2018 28°C 23°C
  • 22 Sep 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px