Log in

"Bulang Sulappei" Siap Pecahkan Rekor MURI

Kepala Disbudpar Sumut Ria Novida Telaumbanua saat konfrensi pers, Kamis (5/12) di Medan. Kepala Disbudpar Sumut Ria Novida Telaumbanua saat konfrensi pers, Kamis (5/12) di Medan.

Festival Danau Toba 2019 di Parapat

Medan-andalas Festival Danau Toba (FDT) 2019 yang dipusatkan di Parapat, Simalungun, pada 9-12 Desember, bakal berlangsung meriah. Salah satu acara unik sekaligus daya tarik FDT kali ini adalah  diadakannya seni melipat dan memakai Bulang Sulappei khas Simalungun.

"Ini akan memberi seni dan hiburan yang menarik bagi pengunjung dan sekaligus memperkaya pengetahuan dan pelestarian budaya Simalungun," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Novida Telaumbanua, dalam konfrensi pers di Medan, Kamis (5/12).

Didampingi Ketua Panitia FDT 2019 Rismaria Hutabarat, Ria Telaumbanu menambahkan Bulang Sulappei merupakan penutup kepala perempuan suku Simalungun yang kerap dipakai pada pesta adat.

Bahkan "Seni melipat dan memakai Bulang Sulappei" akan diikuti 1.000 peserta dari kalangan pelajar dan akan memecahkan rekor MURI.

Ria menjelaskan, pemecahan rekor melipat dan memakai Bulang Sulappei khas Simalungun ini sengaja ditampilkan untuk melestarikan budaya. Selama ini menurutnya pemakaian bulang tersebut sudah semakin jarang sehingga dikhawatirkan hilang.

"Kita berharap dengan pemecahan rekor ini maka masyarakat semakin tahu soal Bulang Sulappei," ujar Ria.

Berdasarkan jadwal, pemecahan rekor MURI melipat dan memakai Bulang Sulappei akan dilakukan pada Senin 9 Desember 2019 di Parapat bersamaan dengan pembukaan resmi FDT 2019.

Terima Sertifikat UNESCO
Di bagian lain Ria Novida Telaumbanua mengabarkan pada September 2020 Geopark Kaldera Toba akan menerima sertifikat UNESCO Global Geopark. Dengan sertifikat itu, menandai resminya Geopark Kaldera Toba masuk dalam keanggotaan UNESCO Global Geopark atau badan warisan dunia.

"Pada September tahun 2020 di Jeju, Korea Selatan, kita akan menerima sertifikat UNESCO Global Geopark," ujarnya.

Ria mengatakan Pemprov Sumut melalui pihaknya menggelar FDT 2019 bertemakan "Inspiring Danau Toba." Selain sebagai bagian dari pengembangan Danau Toba, FDT 2019 juga untuk kesiapan Sumut umumnya dan kawasan Danau Toba khususnya untuk menerima sertifikat UNESCO Global Geopark.

Apa yang diungkapkan Ria juga memberi kepastian akan banyaknya informasi yang beredar sebelumnya, di mana ada yang menyebut bahwa April 2020 sertifikat keanggotaan UNESCO Global Geopark diberikan kepada Geopark Kaldera Toba.

Diketahui, Geopark Kaldera Toba telah disetujui para peserta rapat yang terdiri dari 30 negara untuk masuk menjadi anggota UNESCO Global Geopark dalam Konferensi Geopark Internasional di Rinjani, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 31 Agustus-2 September 2019.

Saat itu peserta rapat menilai semua dokumen dan persyaratan yang diajukan Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba untuk kelayakan Geopark Kaldera Toba menjadi UNESCO Global Geopark telah sesuai dengan ketentuan yang ada.

Masuknya Geopark Kaldera Toba menjadi anggota UNESCO Global Geopark, akan memberi manfaat bagi wilayah yang menjadi bagian dari Geopark Kaldera Toba. Manfaat itu antara lain adanya kemandirian dan daya saing serta kesejahteraan masyarakat. Hal itu sesuai dengan nilai-nilai geopark yaitu memuliakan alam mensejahterakan masyarakat.

Manfaatnya juga akan merangsang banyak lembaga internasional datang untuk mengedukasi dan mengembangkan wilayah Geopark Kaldera Toba itu sendiri, termasuk nantinya secara umum keanggotaan UNESCO Global Geopark mendorong pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba.

Geopark Kaldera Toba mencakup tujuh kabupaten sekawasan Danau Toba, yakni Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Simalungun, Dairi, dan Karo.

Geopark Kaldera Toba terdiri dari 16 geosite, meliputi Geosite Sipisopiso-Tongging (Kabupaten Karo); Geosite Silalahi-Sabungan (Kabupaten Dairi); Geosite Haranggaol (Kabupaten Simalungun); Geosite Sibaganding (Kabupaten Simalungun); Geosite Taman Eden (Kabupaten Toba Samosir); Geosite Batu Basiha-TB Silalahi Balige (Kabupaten Toba Samosir);

Geosite Situmurun (Kabupaten Toba Samosir); Geosite Hutaginjang (Kabupaten Tapanuli Utara); Geosite Muara Sibandang (Kabupaten Tapanuli Utara); Geosite Sipincur (Kabupaten Humbang Hasundutan); Geosite Bakara-Tipang (Kabupaten Humbang Hasundutan); Geosite Tele (Kabupaten Samosir); Geosite Pusukbuhit (Kabupaten Samosir); Geosite Hutatinggi Sodihoni (Kabupaten Samosir); Geosite Ambarita-Tuktuk-Tomok (Kabupaten Samosir); dan Geosite Danau (pemersatu seluruh kabupaten sekawasan Danau Toba). (WAN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px