Log in

BPOM Aceh Sita Berbagai Jenis Obat Kuat

Petugas (BPOM) Aceh bersama PPNS menemukan berbagai jenis obat kuat dan kosmetik ilegal berbagai merek. andalas/suherman amin Petugas (BPOM) Aceh bersama PPNS menemukan berbagai jenis obat kuat dan kosmetik ilegal berbagai merek. andalas/suherman amin

Bireuen-andalas Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Aceh bersama Penyidik Pengawas Negeri Sipil (PPNS) menemukan berbagai jenis obat kuat ilegal dengan berbagai merek yang diperdagangkan bebas di toko obat dalam kawasan Kabupaten Bireuen, Rabu (17/7).

Salah seorang petugas BPOM Provinsi Aceh, Naila kepada wartawan menyebut, bahwa semua jenis obat dan kosmetik yang disita akan diperiksa oleh petugas BPOM Aceh.

Disebutkan, pihaknya secara kontinyu terus memantau toko obat yang menjual obat kuat dan barang kosmetik tanpa izin di Aceh. Namun bila pedagang menjual barang kosmetik dan obat yang mempunyai izin tidak ada masalah sebab tidak membawa mudharat terhadap masyarakat.

Sementara Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan, mengatakan, berbagai jenis obat kuat ditemukan setelah BPOM melakukan pengecekan barang-barang, khususnya obat kuat dan barang kosmetik yang tidak memiliki izin di sejumlah toko obat.

“Ditemukan 13 jenis obat kuat yang bila digunakan oleh masyarakat, pengaruhnya besar terhadap kesehatan dan sangat berbahaya. Makanya penjualan obat kuat dan barang kosmetik tanpa izin selalu diawasi BPOM Aceh,” kata AKBP Gugun Hardi Gunawan.

Disebutkan, semua obat kuat dan kosmetik yang disita itu adalah jenis obat kuat seperti Banten, Maymen, Hajar Jahanam Mesir, Vmaxoli, Jamu Beruang, Jamu Kuat Gali Gali, Jamu Urat Kuda, Minyak Lintah Papua, Labido Super, obat kuat Liong, Tongkat Ajimat Madura, Aluyvera, Green, dan Copra Y.

Semua jenis barang khususnya obat kuat dan barang kosmetik yang tidak memiliki izin dari BPOM, kata Kapolres, disita atas kerja sama dengan Dirreskrim Polda Aceh dan Satreskrim Polres Bireuen.

Ditegaskan bahwa ketiga belas jenis obat kuat yang disita itu bila digunakan oleh warga masyarakat, dampaknya pada tubuh cukup berbahaya. Untuk itu penjualan obat kuat dan barang kosmetik tanpa izin dari BPOM terus dilakukan pengawasan oleh PPNS dan BPOM Aceh. (HERA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px