Log in

Bisma Goes To Get Member Dihadiri 300 Pelaku Ekraf

BERI KETERANGAN Sejumlah pejabat di lingkungan Bekraf memberikan keterangan kepada wartawan terkait acara Bisma Goes To Get Member di di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (6/9). BERI KETERANGAN Sejumlah pejabat di lingkungan Bekraf memberikan keterangan kepada wartawan terkait acara Bisma Goes To Get Member di di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (6/9).

Medan-Andalas Sekitar 300 pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) menghadiri kegiatan Bekraf Information System in Mobile Application (Bisma) Goes to Get Member di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (6/9). Bisma Goes to Get Member digelar guna mendukung komunikasi dua arah antara pelaku ekonomi kreatif dari 16 subsektor dengan Bekraf agar memudahkan pemerintah menangkap masalah. "Para pelaku ekonomi kreatif mendapat banyak informasi dan ilmu dari para narasumber di acara tersebut," kata Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik.

Ia menyatakan, sejumlah narasumber yang hadir pada acara itu terdiri dari pelaku, asosiasi dan komunitas ekonomi kreatif untuk berbagi pengetahuan tentang inovasi sebagai penggerak dalam meningkatkan perekonomian di sektor kreatif. Dari acara ini ia berharap bisa memonitoring perkembangan usaha serta menerima saran seputar ekonomi kreatif sehingga dapat dihasilkan pemetaan akurat serta membantu penyusunan kebijakan ekonomi kreatif dan menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang kondusif. Selain itu, pelaku ekonomi kreatif yang terdaftar di Bisma akan lebih mudah dalam mendapatkan kesempatan untuk difasilitasi ataupun mendapatkan pendukung oleh Bekraf dalam mengembangkan usaha kreatif mereka.

“Di Bisma Goes to Get Member ini juga ada sesi konsultasi dimana pelaku kreatif dapat berinteraksi langsung dengan pejabat di lingkungan Bekraf dan berdiskusi seputar peran Bekraf serta pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia,” sebutnya. Dengan metode ini sebut dia, sosialisasi lebih memberikan pengalaman nyata sehingga mampu memotivasi para pelaku di sektor ekonomi kreatif berkolaborasi dan memberikan inspirasi untuk mengembangkan usaha kreatifnya. “Dari hasil survei khusus ekonomi kreatif BPS dan Bekraf tahun 2016 produk domestik burto (PDB) ekonomi kreatif tercatat 922,59 triliun rupiah. Angka ini meningkat 4,95 persen dari tahun sebelumnya,” tuturnya.

Ia menyebutkan, jumlah unit usaha ekonomi kreatif berdasarkan hasil sensus ekonomi 2016, untuk ekonomi kreatif ada sebanyak 8.203.826 usaha.  Karenanya acara ini bisa dijadikan sebagai ajang jejaring bagi para stakeholder ekonomi kreatif.Apalagi berdasarkan data di Kota Medan ada 81.162 pelaku ekonomi kreatif yang subsektor terbesarnya bergerak di bidang kuliner sebanyak 60.487.Lalu untuk fashion 12.433 usaha, kriya 5.479, penerbitan 1.334, musik 604 usaha kreatif. "Ini menjadi potensi untuk perkembangan ekonomi kreatif bagi Bekraf dalam memfasilitasi dan berkolaborasi dengan pelaku kreatif,” tandasnya.(Siong)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 11.27 km/h

  • 25 Sep 2018 27°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px