Log in

Bandara Pati Ambang Ditutup Sementara

Pesawat Susi Air dihentikan sementara penerbangannya dari dan ke Bandar Udara Pati Ambang Blangkejeren. Pesawat Susi Air dihentikan sementara penerbangannya dari dan ke Bandar Udara Pati Ambang Blangkejeren.

Blangkejeren-andalas Bandar Udara (Bandara) Pati Ambang, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues mulai ditutup sementara waktu dari aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara Sultan Iskanda Muda Banda Aceh maupun dari dan ke Bandara Kuala Namu Deli Serdang, Sumatera Utara.

Penutupan sementara operasional bandara ini berdasarkan permintaan Bupati Gayo Lues kepada Kepala Kantor UPBU Lasikin Koordinator Wilayah Sinabang.

Bupati Gayo Lues HM Amru, Kamis (26/3) mengatakan, permintaan penghentian penerbangan ke Bandara Pati Ambang terpaksa dilakukan pihaknya untuk mencegah penyebaran virus corona melalui bandar udara.

Hal itu merujuk kepada Keputusan Presiden RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus tanggal 20 Maret 2020.

"Selain merujuk kepada Keputusan Pak Presiden, kita juga merujuk kepada surat edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor 440/2436/S.J tentang pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan pemerintahan daerah tanggal 17 Maret 2020 kemarin," katanya.

Berdasarkan dua keputusan itu kata Bupati, Pemda Gayo Lues menyurati pihak terkait agar sementara waktu menghentikan penerbangan pesawat perintis ke Bandara Pati Ambang Blangkejeren sampai situasi dianggap kondusif. Pemda Gayo Lues akan kembali menyurati pihak penerbangan jika nantinya dibutuhkan lagi penerbangan setelah isu wabah virus corona berhenti.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gayo Lues Noval mengatakan, Bandara Pati Ambang resmi ditutup sementara sejak Kamis (26/3) sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Mengenai jadwal penerbangan yang ditunda lantaran penutupan sementara operasional bandara ini akan digantikan sesudah keadaan kondusif.

"Semua pihak sudah sepakat bahwa penerbangan ke Bandar Udara Pati Ambang untuk sementara waktu dihentikan, baik dari Pemda Gayo Lues maupun dari pihak penerbangan itu sendiri melalui surat. Jadi sekarang, Bandar Udara Pati Ambang tidak melayani penerbangan ataupun melayani orang yang berekreasi ke seputaran bandara," katanya. (NUAR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px