Log in

Awal Desember Harga Pangan Masih Stabil


Medan-andalas Di awal pekan ini, sejumlah harga kebutuhan pangan masih terpantau stabil. Kecuali untuk harga kebutuhan sayur mayur yang masih terbilang mahal. Untuk harga bawang merah sejauh ini masih dikisaran Rp28 ribu per Kg untuk bawang merah kualitas bagus dari Brebes.

"Bawang merah ini tidak hanya berasal dari wilayah Brebes semata karena ada juga dari Solok maupun bawang merah impor, "kata Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (4/12).

Begitupun sebut dia, harga bawang merah impor masih jauh lebih murah sekira 5000 per Kg nya dibanding bawang dari Brebes. Pada umumnya pedagang menyebut bawang merah impor dengan sebutan bawang merah peking. "Harga lebih murah juga terjadi pada harga bawang dari Solok  sekitar 4000 per Kg," ujarnya.

Namun jika dibanding rasa dan kualitas maka bawang merah dari daerah Jawa lebih enak dan tidak terlalu bau. Berbeda dengan bawang merah impor yang baunya menyengat dan rasanya tidak sebaik bawang dari Jawa.

"Kenaikan harga bawang saat ini dipicu oleh minimnya stok bawang merah dari Solok serta kuantitas bawang merah impor yang juga mengalami penurunan," tutur Gunawan.

Gunawan menilai, penurunan stok dari Solok diduga karena sudah melewati masa panen sementara itu pelemahan rupiah juga berpeluang mengerek kenaikan harga bawang impor sehingga stoknya berkurang.

"Jadi pada dasarnya masyarakat memiliki sejumlah alternatif dalam membeli bawang. Walaupun tetap aja ada pedagang yang mencampur bawang-bawang tersebut agar diperoleh harga yang lebih bersaing. Selain itu Sumut juga memiliki sejumlah sentra produksi bawang merah disekitar Danau Toba," ujarnya.

Demikian pula dengan cabai, sejauh ini masyarakat lebih cenderung untuk mengkonsumsi cabai merah gunung dari Tanah Karo dimana rasanya memang lebih enak dan secara fisik lebih besar dibanding dengan cabai merah dari dataran rendah atau cabai kampong. "Kalau cabai merah kampong memiliki kemampuan untuk bertahan lebih lama," imbuhnya.

Berbicara soal harga tutur Gunawan, cabai merah sama halnya dengan bawang masih terpantau stabil di bulan Desember ini. Cabai merah dijual dikisaran Rp28 ribu per kg nya. Tidak jauh berbeda juga dengan harga cabai rawit yang diperdagangkan dalam rentang Rp 27 hingga Rp28 ribu per Kg.

"Saya melihat sejumlah kebutuhan pokok di awal Desember masih terpantau stabil. Semoga harga-harga tersebut stabil hingga Natal dan Tahun Baru nanti," harapnya.

Gunawan melanjutkan, untuk komoditas lainnya seperti, minyak goreng, beras, gula dan lainnya, masih berada dalam rentang harga yang ideal bahkan dengan kecenderungan turun. "Yang perlu diwaspadai adalah harga daging dan ikan,"tandasnya. (Siong)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Dec 2018 29°C 22°C
  • 20 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px