Log in

Ajang "K 2019" LANXESS Pamerkan Produk Plastik dan Karet Terbaru


Jakarta-andalas LANXESS akan menghadirkan portofolio luasnya di pameran perdagangan internasional untuk produk plastik dan karet bertajuk “K 2019.” Di stan perusahaan yang berukuran 700 meter persegi, perusahaan bahan kimia khusus ini akan fokus pada topik-topik mobilitas, urbanisasi, dan digitalisasi baru.

Hubert Fink, anggota dewan manajemen LANXESS dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/8) menyebutkan 6 dari 11 unit bisnis LANXESS, yaitu High Performance Materials, Urethane Systems, Polymer Additives, Rhein Chemie, Inorganic Pigments dan Advanced Industrial Intermediates, akan memamerkan produk mereka di ajang “K 2019.” Unit bisnis High Performance Materials (HPM) akan menghadirkan berbagai produk baru yang berkaitan dengan mobilitas listrik.

“Tujuan yang ingin kami capai melalui material kami adalah membantu berbagai jenis sistem penggerak yang terlibat dalam mobilitas listrik untuk menembus pasar. Kami berfokus pada serangkaian teknologi yang berbeda, mulai dari hybrid ringan dan hybrid plug-in, hingga kendaraan electric-only. Perkembangan kami juga ditujukan untuk tren mobilitas tambahan seperti berkendara otonom dan konektivitas digital,” kata Michael Zobel, Head of HPM.

Dalam hal desain yang ringan, LANXESS mengembangkan terutama teknologi hybrid hollow-profile, dan komposit termoplastik di bawah merek Tepex. “Material komposit kami menjadi semakin mapan pada konstruksi ringan struktural dalam produksi massal. Di ajang K ini, kami akan menghadirkan kulit jok yang sangat tahan lama dan front-end carrier yang sangat terintegrasi dari Tepex, yang keduanya menunjukkan ketahanan terhadap benturan yang luar biasa,” jelas Zobel.

Unit bisnis Sistem Urethane, salah satu penyedia prapolimer poliuretan (PU) terkemuka di dunia yang dirancang khusus untuk pelanggan dan aplikasi dan digunakan untuk elastomer, pelapis, perekat dan sealant, akan berfokus pada teknologi low free (LF) di K. Teknologi ini digunakan untuk memformulasikan prapolimer PU yang mengandung isosianat bebas kurang dari 0,1 persen dan memenuhi persyaratan kebersihan industri yang sangat ketat.

“Itulah sebabnya Prapolimer Adiprene LF ini tidak akan terpengaruh oleh pembatasan Uni Eropa yang akan datang tentang diisosianat. Pada saat yang sama, prapolimer ini akan meningkatkan sifat mekanik dari produk akhir PU. Karena itu, di masa depan, kami akan menawarkan semua produk dalam jajaran Adiprene LF, termasuk produk berbasis MDI, dengan konten isosianat kurang dari 0,1 persen,” jelas Markus Eckert, Head of Urethane Systems.

Yang akan menjadi sorotan dari jajaran produk unit bisnis ini di ajang K mencakup mobil roller coaster dengan pelapis roda PU yang sangat tahan abrasi, tangguh, dan dinamis berdasarkan Adiprene LF pPDI, serta roda bintang yang sangat tahan pakai, termal stabil, dan tahan lembab berdasarkan Adiprene LF TDI untuk sistem konveyor dan pemisah di fasilitas daur ulang modern.

Unit bisnis Polymer Additives (PLA) adalah salah satu penyedia produk penghambat nyala (flame retardant) berbasis bromin dan fosfor terkemuka dunia. Unit bisnis ini akan menghadirkan dua flame retardant untuk busa polyisocyanurate (PIR) yang kaku yang telah mencapai hasil luar biasa dalam tes kebakaran sesuai dengan ISO 11925-2, yaitu Levagard 2000 oligomer dan Levagard 2100 reaktif.

“Apa yang menempatkan kedua material ini di depan sistem lain dibandingkan dengan sistem efek flame-retardant serupa adalah bahwa keduanya hampir, bahkan sama sekali, volatile, dan hanya menunjukkan efek plastisisasi kecil,” jelas Karsten Job, Head of PLA.

Sementara itu, di Emerald Innovation 3000, LANXESS menawarkan penghambat nyala brominasi polimer untuk polistiren yang diperluas yang menjadikannya alternatif yang layak untuk hexabromocyclododecane (HBCD), yang tidak disetujui untuk digunakan di UE.

Antioksidan dan antiozonan akan menjadi pusat perhatian untuk unit bisnis Advanced Industrial Intermediates di K. Vulkazon AFS adalah antiozonan untuk lateks, karet alam dan karet sintetis yang mencegah retak yang disebabkan oleh efek ozon dan tidak menyebabkan pewarnaan.

Unit bisnis Rhein Chemie akan memamerkan masterbatch yang diperkuat serat aramid baru dari seri Rhenogran P91-40 untuk pembuatan barang-barang teknis karet, seperti barang-barang silikon tahan panas, tahan lama dan tahan abrasi seperti pencuci dan seal.

Unit bisnis Inorganic Pigments akan menghadirkan pigmen hitam yang mencerminkan bagian inframerah dari sinar matahari 20 persen secara lebih efektif daripada pigmen hitam konvensional. Atap dan fasad plastik menawarkan banyak potensi untuk digunakan dalam mengurangi suhu di dalam bangunan.

LANXESS berkomitmen untuk membangun siklus material closed-loop dalam pembuatan dan penerapan plastik. Perusahaan kini bekerja sama dengan pelanggan dan pembeli mereka sendiri dalam memulai proyek percontohan di lapangan.

“Menyiapkan siklus material yang menghemat sumber daya dengan cara ini hanya akan berhasil jika semua mitra dalam rantai nilai bekerja bersama. Salah satu tujuan kami adalah merancang plastik sejak awal sedemikian rupa sehingga mudah untuk didaur ulang,” pungkas Zobel. (GUS/REL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px