Log in

4.557 Rumah di Aceh Utara Tersambung Jaringan Gas

Sekda Kabupaten Aceh Utara Abdul Azis memotong pita saat peresmian jaringan gas rumah tangga. Sekda Kabupaten Aceh Utara Abdul Azis memotong pita saat peresmian jaringan gas rumah tangga.

Lhokseukon-andalas Sebanyak 4.557 rumah di Kabupaten Aceh Utara tersambung jaringan gas. Peresmian jaringan gas rumah tangga tersebut dilakukan oleh Sekda Kabupaten Aceh Utara Abdul Azis. Kegiatan berlangsung di Desa Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Selasa (5/11).

General Manajer PHE NSO-NSB Akhmad Miftah mengatakan, pemasangan jaringan gas rumah tangga merupakan program ketiga Pertamina. Namun untuk tahun 2019 merupakan program pertama yang dilakukan pemasangan di Dewantara, Aceh Utara.

Ia menyebutkan, dari 5 cluster, sudah 3 cluster yang diresmikan. Mungkin beberapa masih perlu penyempurnaan. Pertengahan Desember 2019 akan rampung dan pada tahun 2020 akan terpasang di daerah lain di Aceh yakni Aceh Tamiang, Langsa, dan Aceh Timur.

Ia mengatakan, pembangunan jaringan gas rumah tangga untuk Kecamatan Dewantara telah dilaksanakan sejak 20 Mei 2019 lalu dan akan rampung pada 15 Desember 2019 nanti.

“Pembangunan jaringan gas rumah tangga merupakan program pemerintah dan didanai dengan anggaran APBN. Program tersebut di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Dirjen Minyak dan Gas Bumi. Sementara sumber gas yang disuplai dari PHE NSO dan WKB dengan kontraktor pelaksana PT Hutama Karya,” paparnya.

Ia menyebutkan, selain Desa Tambon Baroh, sejumlah desa lainnya telah dialiri gas langsung ke dapur mereka. Sehingga warga tidak perlu lagi mengantre berlama-lama dan khawatir kehabisan gas saat memasak.

Peresmian jaringan gas rumah tangga tersebut turut dihadiri Direktur Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Ahmat Wahyu Wardono, Plt Kepala BPMA Azhari Idris, pejabat PT PGN serta kontraktor pelaksana. (MUL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px