Log in

3-6 Desember Ada Pembuatan KTP Cepat di Sumut


Medan-andalas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan pemerintah kabupaten/kota se-Sumatera Utara akan menggelar kegiatan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dengan sistem cepat pada awal Desember 2018 mendatang.

Program ini merupakan  bagian dari pelaksanaan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang di-launching oleh pemerintah pusat lewat Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumatera Utara, Ismael Sinaga mengatakan, di Sumatera Utara kegiatan ini akan mereka gelar di Gedung Serbaguna, Jalan Pancing, Medan, bersama jajaran Disdukcapil kabupaten/kota.

"Itu kita gelar selama 4 hari mulai tanggal 3 hingga 6 Desember 2018," katanya, Rabu (14/11).

Ismael menjelaskan, seluruh proses pembuatan KTP-el di lokasi ini nantinya akan berlangsung dengan cepat mulai dari perekaman data hingga pembuatan kartu. Namun, hal ini tergantung dari kelengkapan berkas dari seluruh masyarakat yang membuat KTP-el.

"Kami berharap masyarakat untuk melengkapi persyaratan data masing-masing," ujarnya.

Selain dalam rangka mewujudkan masyarakat yang tertib administrasi kependudukan, GISA juga menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk menyukseskan data Pemilu 2019 terkait data pemilih.

Dengan administrasi kependudukan yang tertib diharapkan proses pembersihan daftar pemilih pada pemilu 2019 juga diharapkan dapat berjalan lebih baik.

Selama empat hari itu, warga dari luar Sumut juga diberikan kesempatan untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el. Hal ini dilakukan agar tertib administrasi yakni sesuai dengan tema yang diusung "Wujudkan Sumut Bermartabat dengan GISA".

"Jadi kita hanya melakukan khusus perekaman KTP-el. Jangan sampai dikembangkan ke yang lain. Kalau akte lahir tidak kita layani di gerakan ini," ucapnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri yang nantinya akan mendatangkan tim khusus ke Sumut. Selain itu masing-masing kepala dinas dukcapil dari kabupaten/kota di Sumut juga datang ikut membantu perekaman. "Termasuk camat juga kita hubungi," ucapnya.

Pelayanan dimulai Senin, 3 Desember 2018. Diupayakan, perekaman siap satu hari. "Kita kan buka dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Kalau dia datang di bawah jam 12 siang kita upayakan siap hari itu juga. Tapi kalau datangnya sore, mudah-mudahan Selasanya sudah siap," ujarnya.

Sementara di hari Selasa-nya akan ada acara seremonial, kemudian Rabu melanjutkan pelayanan dan Kamis, 6 Desembernya merupakan hari penyelesaian perekaman KTP-el masyarakat yang datang di hari sebelumnya.

"Kita upayakan sehari itu bisa merekam sampai 4.000 KTP-el. Jadi kalau empat hari bisa sampai 16 ribu atau 20 ribu blanko. Untuk kecukupan blanko sendiri pihaknya sudah berkoordinasi dengan pusat. Apalagi Kemendagri sudah mendapatkan tim khusus. Saya yakin pasti cukup," katanya.

Saat ditanya kaitannya dengan target perekaman sebelum Pileg 2019, Ismael menjawab bahwa ini memang program nasional. Hanya saja pelaksanaannya oleh Pemprovsu. "Sebelumnya di Jakarta juga sudah pernah dilakukan Pak Anis di rumah susun," ucapnya.

Ia yakin animo masyarakat untuk melakukan perekaman di tanggal tersebut cukup besar. Hal ini terlihat, satu bulan sebelum gerakan ini dilakukan, respons masyarakat sudah cukup besar.

Kegiatan ini diadakan pada pukul 08.00-17.00 WIB, dan khusus bagi mereka yang akan melakukan rekam atau cetak KTP, selain itu tidak ada. (G/MTC/TBN)

26°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 4.83 km/h

  • 17 Dec 2018 28°C 22°C
  • 18 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px