Log in

2020 Ekonomi Sumut Ditarget Tumbuh 5,5 Persen

Kepala BI Perwakilan Sumut Wiwiek Sisto Widayat. Kepala BI Perwakilan Sumut Wiwiek Sisto Widayat.

Medan-andalas Pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara tahun 2020 diperkirakan akan cerah dibanding tahun 2019. Pertumbuhan itu ditarget pada kisaran 5,1 hingga 5,5 persen. Lebih tinggi dari target tahun 2019 yang sekitar 5,0 hingga 5,4 persen. Optimisme ini didorong oleh peningkatan konsumsi rumah tangga, investasi, dan ekspor.

“Dari sisi lapangan usaha pertumbuhan ekonomi didorong oleh perdagangan, konstruksi, dan industri pengolahan,” kata Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut Wiwiek Sisto Widayat, Kamis (7/11).

Ia mengatakan, perekonomian Sumut pada triwulan III 2019 tumbuh 5,11 persen (yoy), lebih rendah dari triwulan sebelumnya (5,25 persen). Begitupun, pencapaian ini di atas pertumbuhan ekonomi nasional dan Sumatera.

“Pertumbuhan ekonomi menurun dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Pertumbuhan Sumut tertinggi ke-4 diantara 10 provinsi di Sumatera,” ujarnya.

Dia menjelaskan, faktor pendorong pertumbuhan ekonomi seperti konsumsi pemerintah yaitu penyerapan anggaran lebih baik untuk program peningkatan kualitas tenaga kerja, pendidikan, kesehatan, pertanian, pariwisata serta peningkatan anggaran transfer, dana desa, dan bantuan sosial dari pusat.

Faktor lain adalah impor luar negeri, seperti impor barang modal dan bahan baku turun seiring dengan penurunan kinerja investasi dan lapangan usaha industri pengolahan, akibat pelemahan kinerja ekonomi mitra dagang utama.

“Untuk faktor pertanian kondisi cuaca yang kondusif serta dampak positif dari program pemda di bidang pertanian. Dari konstruksi terus bergulirnya proyek-proyek seperti jalan tol, pembangkit listrik, gedung perkantoran, pertokoan dan lainnya,” jelasnya.

Ke depan Bank Indonesia akan memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait guna mempertahankan stabilitas ekonomi, pendorong permintaan domestik, serta meningkatkan ekspor pariwisat, dan aliran masuk modal asing. (SIONG)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px