Log in

2.012 Ekor Sapi Australia Tiba di Belawan


Untuk Kebutuhan Idul Adha

Belawan-andalas Sebanyak 2.012 ekor sapi impor asal Australia tiba di Pelabuhan Belawan dan diturunkan langsung ke truk lossing, Selasa (8/7). Pengimpor sapi-sapi itu adalah PT Lembu Andalas Langkat (LAL). Sebelum dipasarkan, sapi-sapi itu lebih dulu akan digemukkan.

"Pasokan sapi impor itu untuk kebutuhan Idul Adha 2019 yang semakin dekat dan mengantisipasi harga daging sapi tidak dinaikkan oleh para pedagang, sebab stok daging cukup untuk kebutuhan masyarakat Sumatera Utara," ucap Humas Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Belawan drh Andre didampingi paramedik, Rapi Silalahi, kepada wartawan, Kamis (11/7) di Belawan.

Andre menjelaskan perusahaan pengimpor sapi tersebut memiliki izin impor dari Kementerian Perdagangan. Semua sapi-sapi yang didatangkan PT LAL dari Australia itu diawasi Balai Karantina Hewan Belawan.

Menurut Andre dari hasil pemeriksaan oleh tim Medik Veteriner Balai Karantina Hewan (BKH) Belawan, sapi-sapi impor tersebut dinyatakan sehat. Namun semua sapi itu masih tetap dalam pengawasan BKH Belawan.

"Masuknya sapi-sapi itu sudah sesuai dengan dokumen pendamping ternak yaitu Health Certifikation dari daerah asal dan Bill of Leading yang menyatakan bahwa sapi-sapi itu bebas dari segala penyakit kuku dan mulut (PMK) serta penyakit lain, sehingga dapat dikonsumsi manusia," tambah Andre.

Pasokan sapi impor itu juga sudah sesuai dengan dokumen resmi Surat Perintah Masuk Karantina dari negara asal (Australia), yakni tujuannya untuk memenuhi kebutuhan daging di Sumatera Utara Karena kebutuhan daging saat ini sangat tinggi sehingga perlu impor dari negara yang bebas penyakit sapi. (DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px