Log in

Usai Makan Nasi Bungkus, Tahanan Meninggal


Medan-andalas Seorang tahanan meninggal dunia usai menyantap nasi bungkus di sel tahanan Polrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Selasa (6/11) siang. Tahanan yang tewas tersebut yakni Imran Rusadi alias Membot (38) warga Perumnas Mandala. Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kematian tahanan yang disebut terlibat kasus narkoba tersebut.

"Kita masih menunggu hasil autopsi di rumah sakit," kata Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto saat dikonfirmasi wartawan terkait peristiwa itu.

Dadang menjelaskan, sebelum meninggal tahanan tersebut awalnya menyantap makanan yang dibawa oleh pengunjung. Petugas sendiri menurutnya sudah menjalankan prosedur terkait makanan yang dibawa oleh pengunjung untuk tahanan.

"Prosedurnya sudah dilakukan, makanan yang dibawa dicicipi oleh yang membawa kemudian diperiksa petugas, lalu boleh dibawa masuk, makanya kita belum tahu penyebab meninggalnya itu kenapa. Kita tunggu hasil autopsi lah biar nggak salah," katanya.

Terkait kabar yang beredar di grup-grup WhatsApp bahwa selain tewasnya satu tahanan, ada lima orang tahanan lainnya yang sekarat usai makan siang di rumah tahanan polisi (RTP) Polrestabes Medan, Kapolrestabes Kombes Dadang Hartanto membantahnya.

Dadang Hartanto menegaskan kabar yang menyebutkan ada lima orang tahanan Polrestabes Medan lainnya yang juga mengalami keracunan itu tidak benar.

"Jadi kejadian tersebut terjadi pada pukul 13.30 WIB, saat makan siang. Tiba-tiba salah seorang tahanan terjatuh usai makan siang, baru dibawa ke rumah sakit. Sementara teman-temannya itu tidak ada yang keracunan," jelasnya.

Untuk penyebab tewasnya tahanan tersebut, Dadang mengatakan pihaknya masih menunggu hasil autopsi dari rumah sakit.

"Jadi mereka makan bersama dan apa yang dimakannya juga dikonsumsi oleh temannya, nyatanya teman-temannya tidak ada yang keracunan. Namun begitupun kita tunggu hasil autopsi dari pihak kedokteran," katanya.

Masih dikatakan Dadang, pihaknya akan mengambil barang bukti, langkah-langkah penyelidikan dan tetap akan diuji. "Untuk hal ini, kita akan turunkan propam dan reskrim untuk memastikan sembari menunggu hasil autopsi dokter," ujarnya.

Tahanan meninggal dunia di dalam Rumah Tahanan Polisi (RTP) itu, merupakan tahanan yang terlibat kasus narkoba yang berkas perkaranya sudah P21. (G/RMOL)

26°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 4.83 km/h

  • 17 Dec 2018 28°C 22°C
  • 18 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px