Log in

Survei LSI: 6 Parpol Tak Lolos ke DPR, 5 Parpol Terancam


Jakarta-andalas Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan, jika pemilu diselenggarakan saat survei dilakukan, sejumlah partai tidak lolos ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Survei ini dilakukan pada 12-19 Agustus 2018 dengan melibatkan 1.200 responden di 33 provinsi Indonesia. Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menyebutkan, ada enam partai politik yang diprediksi tidak lolos ke DPR periode 2019-2024.

"Saat ini elektabilitas dari keenam partai tersebut di bawah 1 persen. Bahkan, jika disimulasikan dengan menambah margin of error survei 2,9 persen, elektabilitas keenam partai tak cukup lolos untuk ambang batas parlemen 4 persen," papar Adjie dalam rilis survei di kantornya, Jakarta, Rabu (12/9).

Enam parpol yang diprediksi tidak lolos itu adalah: 1. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dipilih 0,6 persen responden; 2. Partai Bulan Bintang (PBB) dipilih 0,2 persen responden; 3. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dipilih 0,2 persen responden; 4. Partai Berkarya dipilih 0,1 persen responden; 5. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dipilih 0,1 persen responden; dan 6. Partai Garuda dipilih 0,1 persen responden.

Sementara itu, ada lima partai yang terancam tidak lolos ambang batas parlemen, yaitu: 1. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipilih 3,9 persen responden; 2. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dipilih 3,2 persen responden; 3. Partai NasDem dipilih 2,2 persen responden; 4. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dipilih 1,7 persen responden; dan 5. Partai Amanat Nasional (PAN) dipilih 1,4 persen.

Kendati demikian, kata Adjie, jika disimulasikan dengan menambah margin of error survei sebesar 2,9 persen, kelima partai yang terancam itu masih berpeluang lolos menembus ambang batas parlemen. Di sisi lain, partai politik juga masih bisa merebut 25,2 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya pada Pemilu 2019.

Oleh karena itu, ia menilai masih ada upaya bagi setiap partai untuk mengubah peta dukungan jelang Pemilu 2019. Margin of error dalam survei ini adalah plus minus 2,9 persen. Artinya, data survei bisa bertambah atau berkurang sebesar 2,9 persen.  Pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling.

PDIP Potensial Menang

Hasil survei lembaga LSI Denny JA juga menyatakan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berpotensi memenangi Pemilu Legislatif 2019.

"PDIP berpotensi pertama kali menang pemilu legislatif dua kali berturut-turut," kata Adjie Alfaraby.

Dari hasil survei diketahui, jika pemilu legislatif dilaksanakan pada hari ini, maka sebesar 24,8 persen responden atau mayoritas memilih PDI Perjuangan. Sebanyak 13,1 persen memilih Gerindra, Golkar 11,3 persen, PKB 6,7 persen, Demokrat 5,2 persen, PKS 3,9 persen, PPP 3,2 persen, NasDem 2,2 persen, dan sisa partai lain masing-masing dipilih oleh responden dengan jumlah di bawah dua persen.

Menurut Adjie, potensi PDI Perjuangan unggul lantaran partai itu terasosiasi dengan capres petahana Jokowi. Selain itu PDI Perjuangan juga memiliki Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang kepemimpinannya kuat.

Gerindra menurutnya juga bisa bertengger peringkat dua lantaran terasosiasi dengan Capres Prabowo Subianto yang kepemimpinannya juga kuat.

Dia mengatakan, jika benar PDI Perjuangan menang dalam Pemilu Legislatif 2019, maka kemenangan itu menjadi catatan baru sejarah, karena selama ini belum ada partai yang menang dua periode berturut turut.

Sejak Pileg 1999 partai pemenang selalu berganti setiap periodenya. Belum pernah ada partai yang menang pemilu legislatif dua periode berturut-turut. Gerindra juga menorehkan sejarah jika menjadi peringkat kedua, sebab sejak Pileg 2019, tidak ada partai di luar PDI Perjuangan dan Golkar yang mampu berada di peringkat dua. (KPC/ANT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 21 Sep 2018 28°C 23°C
  • 22 Sep 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px